Mengenal Firmware OpenWrt untuk Router

Mengenal Firmware OpenWrt untuk Router

DailyBlog.id - OpenWrt merupakan sebuah sistem operasi distribusi GNU atau Linux yang berbasis firmware. Sistem operasi ini digunakan untuk perangkat yang tertanam terutama pada router. Firmware OpenWrt ini merupakan firmware yang open source, memiliki banyak keunggulan dan banyak fiturnya juga. Dimana bisa mengkostumisasi dan mengoptimalkan router yang kita miliki.

OpenWrt menggunakan antarmuka baris perintah, tetapi juga memiliki antarmuka WEB yang terus meningkat. Dukungan teknis disediakan seperti pada kebanyakan proyek Perangkat Lunak Bebas, melalui forum dan saluran IRC-nya.

Perkembangan OpenWrt itu awalnya dipromosikan berkat lisensi GPL, yang memaksa semua pabrikan yang memodifikasi dan meningkatkan kode, untuk merilisnya dan berkontribusi lebih dan lebih banyak lagi untuk proyek secara umum.

Sedikit demi sedikit, perangkat lunak telah berkembang dan fitur-fitur diterapkan yang tidak dimiliki oleh banyak produsen perangkat komersial lain untuk sektor non-profesional, seperti QoS, VPN, dan fitur lain yang menyediakan OpenWrt dari perangkat yang sangat kuat dan serbaguna, cocok untuk menggunakan perangkat keras tempat perangkat dijalankan OpenWrt tidak hanya untuk digunakan sebagai router, tetapi sebagai server file, node P2P, server WEBcam, firewall, atau gateway VPN.

Fitur - fitur yang Dimiliki OpenWrt

Keuntungan menggunakan OpenWrt adalah mini distro yang berfungsi penuh, "mini" di sini berarti:
  • memiliki sejumlah paket yang tersedia

  • Ini dirancang untuk menjadi sekecil mungkin dan kita dapat menginstalnya di ruang penyimpanan kecil (sebanyak 2mb!) Dan juga bekerja dengan CPU MIPS yang hanya 300mhz.
  1. Modul Wifi dioptimalkan sehingga menggunakan OpenWrt kami akan memanfaatkan router kami dengan lebih baik karena akan memiliki sinyal yang lebih baik: ini akan lebih kuat dan lebih jelas daripada dengan firmware bawaan yang berasal dari pabrik.

  2. Meskipun high-end, aplikasi intensif prosesor seperti PHPKami memiliki berbagai perangkat lunak yang menarik untuk diinstal tergantung pada kualitas teknis perangkat kami.

  3. Jika kami memiliki ruang dan kapasitas kalkulasi yang sesuai, kami dapat menjalankan server web yang diinginkan bersama:
  • Server file - NFS y SMB / CIFS

  • klien IRC (dalam hal ini WeeChat) dengan klien untuk pesan instan BitlBee digabungkan. Dengan cara ini dan selama kita tidak mematikan atau mem-boot router, kita akan 100% online. Perhatian: Log IRC, terutama jika kita terhubung ke beberapa saluran (dalam kasus saya saat ini ada 31 saluran) dapat memakan banyak ruang dengan sangat cepat. Jika kita akan menjalankan klien IRC di router, saya sarankan untuk menghubungkan unit penyimpanan eksternal dan menyimpan log di sana.

  • Membuat atau menjadi bagian dari jaringan Open Mesh atau jaringan nirkabel mesh, juga dikenal sebagai BATMAN
  • Server web seperti uhttp y nginx

  • Aplikasi keamanan tak terbatas seperti Kismet, aircrack-ng, arpwatch dan macchanger antara lain; kemungkinannya tidak terbatas! Sebagai contoh: misalkan karena alasan X mereka perlu mengakses jaringan Wi-Fi tertentu tetapi tentu saja mereka tidak tahu pwd mereka atau alamat MAC yang diizinkan untuk terhubung, secara teoritis mereka dapat menggunakan router sederhana tempat mereka menginstal OpenWrt dengan aplikasi yang diperlukan dan konfigurasikan untuk mengendus lalu lintas nirkabel, mencari kata sandi, mendapatkan alamat MAC terdaftar, menyambung ke jaringan dan mengirimi Anda email yang memberi tahu Anda bahwa mereka berada dalam jaringan tersebut, dengan data yang diperlukan untuk Anda. terhubung dari mana pun mereka berada . Setelah ini selesai, yang harus mereka lakukan adalah menemukan tempat di mana mereka dapat menyembunyikan perangkat yang terhubung ke jaringan listrik, sedekat mungkin dengan jaringan yang mereka minati dan biarkan perangkat melakukan keajaibannya.

  • Server cetak, server waktu (NTP), Dll

  • Menjadi distro yang dirancang oleh geeks dan untuk geeks jelas kita akan dapat mengakses melalui ssh dan pada kenyataannya kita harus melakukannya seperti ini di awal untuk menginstal antarmuka grafis dan mengkonfigurasinya.

  • Kemungkinan untuk membuat jumlah yang hampir tidak terbatas (hanya dibatasi oleh HW itu sendiri) dari jaringan Wifi.

  • Semua kekuatan firewall terbaik di dunia, iptables di layanan kami baik dari konsol maupun dari antarmuka grafis.

  • Aplikasi seperti tmux sudah dekat, lakukan saja a # pembaruan opkg && opkg instal tmux sehingga bekerja di konsol di dalam router kami menyenangkan

  • Seperti yang Anda ketahui, manajer paket menggunakan sintaks yang mirip dengan manajer paket Debian GNU / Linux ya kenapa opkg ini didasarkan pada ipkg lama yang kemudian menggunakan dpkg / apt sebagai referensi. Berhati-hatilah, jangan berangan-angan tentang manajer paket ini, ini hampir tidak sekuat atau sefleksibel kakak-kakaknya, tetapi ia melakukan tugasnya dengan sangat baik.

  • Kami memiliki beberapa antarmuka Web sehingga kami dapat memilih tergantung pada selera dan preferensi pribadi kami. Untuk bagian saya dan setelah mencobanya semua yang tersisa bersinar karena ini adalah yang paling ringan dan memungkinkan saya mengakses berbagai fungsi OpenWrt. Itu ringan bukanlah data kecil karena router rumah saya sederhana TP-Link TL-WR2573ND dan ruang flash yang tersedia hanya 8mb, oleh karena itu semakin sedikit ruang yang saya gunakan dalam hal-hal sepele seperti antarmuka web yang dimuat dan cantik, semakin banyak ruang yang saya miliki untuk memuat aplikasi.
  • Di antara fungsi lainnya memiliki dukungan penuh Jumbo Frames dan VLANS!

  • Fitur lain termasuk yang kebanyakan home / SOHO router keluar dari kotak seperti pengikatan ARP, perutean statis, nama host, pengikatan DHCP, kontrol akses waktu, kemampuan untuk menggunakan banyak DNS untuk setiap jaringan, dll.

  • Sebagai distro GNU / Linux kita akan memiliki akses penuh ke log sistem, log kernel, daemon yang ingin kita jalankan saat startup, dll., semua sama seperti distro yang mereka gunakan.

  • Ini termasuk peretasan yang bagus -dan berguna- untuk membuat lampu router merespons tindakan tertentu, dengan cara ini, kita dapat mengkonfigurasinya untuk berkedip dengan cara tertentu tergantung pada bagaimana kita menggunakan perangkat (kabel, jaringan nirkabel, seperti router, sakelar, dll.), ketika kita mengakses perangkat USB yang terhubung ke router seperti hard drive eksternal atau printer, dll.

  • Di antara aplikasi lain kita dapat menginstal manajer VPN, Nagios, Munin (Nagios yang ditingkatkan dan Gratis), instal MTD (Pengiriman Pengiriman Surat) dan ubah menjadi server email, instal mc (Komandan tengah malam), server Avahi / Bonjour / Zeroconf, jika kami memiliki HD eksternal yang terhubung ke koleksi musik kami, kami dapat menjalankan iblis mpd di router yang memungkinkan kita menghubungkannya dari mesin mana pun yang terhubung ke router terlepas dari apakah mereka berada di jaringan yang berbeda, dll.

  • Ada ratusan paket lagi dari semua jenis sehingga Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengan router Anda, belum lagi jika Anda memiliki perangkat sialan. Seperti biasa dengan GNU / Linux, satu-satunya batasan adalah imajinasi pengguna.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Firmware OpenWrt ini?

Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan dan alasan mengapa harus menggunakan firmware OpenWrt ini:

1. Performa & Stabilitas

OpenWRT didesain oleh seorang administrasi jaringan profesional yang sangat peduli terhadap performa jaringannya. OpenWRT memiliki beberapa Algoritma pengembangan terbaru sehingga lebih baik dari Firmware bawaan perangkat.

OpenWRT dikenal sangat stabil dan mampu beroperasi secara maksimal dalam waktu lama, mampu mengurangi latency/lag dan mampu meningkatkan throughput dengan algoritma tertentu.

Perangkat lama yang mendukung OpenWRT juga akan selalu mendapatkan update software dan hanya dibatasi oleh kemampuan perangkat tersebut seperti RAM/Penyimpanan dibandingkan dengan manufaktur yang sudah menghentikan dukungan update terhadap perangkatnya sendiri.


2. Keamanan (Security)

OpenWRT adalah Open Source. Banyak pengembang diseluruh dunia yang membuat dan memeriksa kode yang akan di publikasikan.

Karena menggunakan basis kernel Linux, sistem operasi ini lebih tangguh keamanannya sehingga tidak terpengaruh oleh banyak serangan yang menginfeksi sistem operasi lain. Ketika ditemukannya kerentanan maka akan segera diperbaiki dan ditutup celahnya.

Konfigurasi bawaan OpenWRT sangat aman, karena mengijinkan akses internet secara penuh namun tidak mengekpose router ataupun perangkat dibelakangnya sehingga terhindar dari serangan.

3. Kompatibilitas Fitur

Ketika Software bawaan perangkat hanya mengijinkan fitur yang tidak bisa ditambah ataupun dikurangi, OpenWRT menyediakan paket program hingga kurang lebih 3000 paket yang tersedia untuk dipasang.

Beberapa fitur yang bisa pasang seperti block iklan, mengamankan koneksi dengan VPN serta mengenskripsi DNS sehingga tidak bisa dimanipulasi oleh ISP yang kita gunakan.

Selain fitur yang sudah saya sebutkan, banyak fitur lain yang juga tersedia dan siap dipasang, namun tidak akan muat jika dibahas semua disini kan. 

4. Support Komunitas

Banyak komunitas pengembang, sukarelawan, serta pengguna yang sudah lama menggunakan OpenWRT yang siap membantu untuk menyelesaikan masalah.

5. Sebagai Platform Pengembangan

Banyak tim yang berada dalam pengembangan jaringan menggunakan OpenWRT sebagai platform yang stabil di tempat mereka. Dimana pekerjaan mereka yang bereksperimen agar algoritma yang semakin stabil diterapkan di OpenWRT terlebih dahulu.

6. Konfigurasi

Dikarenakan menggunakan basis sitem operasi Linux, kita memiliki kontrol penuh terhadap perangkat kita, seperti konfigurasi yang mudah melalui SSH karena file konfigurasi yang berupa text, dan juga melalui antarmuka web.

7. Tanpa Biaya

Dikarenakan menggunakan lisensi GPL ( General Public License ), dimana kita bebas untuk mengembangkan, memodifikasi, dan menggunakan software ini secara bebas, dan tentu saja gratis.

Nah itu dia mengapa harus menggunakan firmware OpenWrt ini, tentunya firmware ini memiliki banyak keunggulan dan fiturnya juga tentunya. Kalau menurut saya, OpenWrt ini kelihatannya harus wajib dicoba. Dikarenakan banyak fitur-fiturnya dan keunggulannya itu.

Mungkin sampai disini saja artikel dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika saya ada salah kata, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama