Cara Mengirim Email Melalui Localhost (XAMPP)

Cara Mengirim Email Melalui Localhost (XAMPP)

DailyBlog.id - Mengirim email melalui localhost (XAMPP) dapat dilakukan, jika kalian semua pernah mencoba untuk mengirimkan email di localhost tapi gagal, berarti ada yang kurang dengan pengaturan XAMPP kalian atau memang ada yang salah dengan akun email kalian. Disini saya akan membagikan tutorial kepada kalian semua agar kalian semua bisa mengirimkan email melalui localhost terutama menggunakan XAMPP. Agar bisa mengirim email, kalian perlu mengatur pengaturan SMTP. Oh ya mungkin disini saya akan menjelaskan singkat apa itu XAMPP dan SMTP.

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl.

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah suatu protokol untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

Jika kalian sudah mengerti mengenai XAMPP dan SMTP, Oke langsung saja ke tutorialnya.

Mengirim Email Melalui Localhost XAMPP

1. Langah pertama yang dapat kalian lakukan yaitu menuju ke direktori instalasi XAMPP kalian. (Contoh: C:\xampp)

2. Jika sudah, lalu kalian dapat menuju ke direktori yang bernama php (Contoh: C:\xampp\php). Setelah itu cari file yang bernama php.ini dan buka file tersebut.

3. Setelah itu cari pengaturan email [mail function] dengan CTRL + F

4. Dan cari (seperti bagian di bawah ini). Setelah itu ubah emailnya, sesuai dengan email yang kalian punya. Lalu simpan.

SMTP=smtp.gmail.com
smtp_port=587
sendmail_from=emailkalian@gmail.com
sendmail_path="\"C:\xampp\sendmail\sendmail.exe\" -t"


5. Setelah itu, kalian buka direktori yang bernama sendmail di folder XAMPP kalian. (Contoh: C:\xampp\sendmail). Lalu cari file yang bernama sendmail.ini

6. Jika sudah, kalian bisa cari (seperti bagian di bawah ini). Lalu ubah email dan katasandi, sesuai dengan email dan katasandi gmail kalian. Setelah itu simpan.

smtp_server=smtp.gmail.com
smtp_port=587
error_logfile=error.log
debug_logfile=debug.log
auth_username=emailkalian@gmail.com
auth_password=password-email-kalian
force_sender=emailkalian@gmail.com


Jika sudah mengubah semua pengaturan di atas, maka saatnya mencoba untuk mengirim email dari XAMPP kalian.

Script PHP Untuk Kirim Email

Untuk mengirim emailnya, kalian bisa copas script yang ada di bawah ini. Ubah sesuai email yang kalian gunakan, dan ingin kirim ke siapa.

<?php

$email = "kirimke@gmail.com";
$subjek = "Coba untuk kirim email";
$body = "Halo halo, sekedar kirim email saja";
$headers = "From: emailkalian@gmail.com";

if (mail($email, $subjek, $body, $headers)) 
{
    echo "Berhasil mengirim email ke $email";
} 
else 
{
    echo "Gagal mengirim email";
}

?>


Nah itu dia pengaturan XAMPP agar bisa mengirim email melalui localhost. Jadi mulai sekarang kalian bisa mengirim email kapanpun melalui XAMPP kalian.

Mungkin cukup sekian tutorial dari saya, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Jika saya ada salah kata, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Selamat mencoba!

0 Comments