Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin Mantap!

DailyBlog.id - Merekam suara menggunakan aplikasi rekaman suara bawaan handphone bisa dibilang praktis dan cukup rendah dalam penggunaan kapasitas memori penyimpanan sehingga bisa merekam lebih lama.

Namun jika bicara kualitas, kualitas rekaman suara aplikasi bawaan terutama pada ponsel Android cukup standar, disesuaikan dengan kebutuhan kebanyakan pengguna.

Bagaimana jika kita membutuhkan kualitas suara yang lebih baik dan lebih jelas semisal untuk keperluan pembuatan konten podcast?

Membeli mikrofon eksternal mungkin bisa jadi pilihan, namun jika dipertimbangkan, harga perangkat tersebut tidaklah murah.

Lalu apa alternatifnya?

Cara termudah adalah dengan menginstal aplikasi Hi-Q MP3 Voice Recorder yang bisa kamu temukan di Play Store bagi pengguna Android.

Kualitas suara yang ditawarkan aplikasi ini rasanya lebih baik dibanding aplikasi bawaan karena salah satu faktornya adalah format file hasil rekaman bukanlah .amr melainkan .mp3.

Seperti yang diketahu bersama, format .mp3 adalah format pengkodean suara yang umum digunakan untuk kompresi hasil rekaman yang berkualitas tinggi. .mp3 banyak digunakan untuk file musik dengan paduan suara yang kompleks dan mendukung stereo.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur jenis rekaman yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu seperti format file, bit rate, desibel dan lainnya.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android

1. Install Hi-Q MP3 Voice Recorder melalui Play Store.

1 - Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin!

2. Pilih format file, terdapat pilihan MP3, WAV, M4A, OGG dan FLAC. Sebagai rekomendasi silahkan pilih MP3.

2 - Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin!

3. Pilih Bit Rate, semakin tinggi nilai bit rate maka semakin banyak data suara yang diproses sehingga hasil rekaman menjadi semakin baik. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Rekomendasi silahkan pilih 320 Kbps.

3 - Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin!

4. Pilih Desibel (dB) suara. Semakin tinggi nilainya maka semakin keras suara yang dihasilkan. Rekomendasi tetap 0.0 dB.

4 - Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin!

5. Terakhir, di bagian bawah klik icon lingkaran untuk merekam dan persegi untuk stop.

5 - Cara Rekam Suara Kualitas Bagus di Android - Dijamin!


Tips:

  • Pastikan tersedia ruang kosong yang cukup pada memory handphone kamu agar rekaman tidak putus karena kehabisan kapasitas memory.
  • Versi gratis hanya dapat merekam sampai maksimum 10 menit dalam satu kali rekam.
  • Hasil rekaman suara bisa di-setting agar ter-upload otomatis ke akun Google Drive atau Dropbox kamu.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama