Cara Membuat Virtual Host di XAMPP

Cara Membuat VirtualHost di XAMPP

DailyBlog.id - Ingin membuat domain secara local dapat dilakukan menggunakan VirtualHost, ketika kalian ingin membuat projek di XAMPP dengan menggunakan suatu nama domain tertentu dapat dilakukan dengan cara pembuatan VirtualHost ini. Namun domain yang dibuat bukan domain yang dapat diakses secara publik, melainkan hanya dapat diakses secara lokal di device yang kalian gunakan.

Pembuatan VirtualHost ini bagi saya sangat berguna, tentunya ketika membuat projek yang cukup banyak dan digunakan oleh nama domain yang berbeda. Bisa dibilang VirtualHost ini seperti menambahkan domain lokal yang berbeda dengan direktori tertentu untuk suatu projek yang ingin dibuat.

Jika kalian masih belum paham apa yang saya jelasin di atas, mungkin langsung saja ke tutorialnya agar kalian lebih mudah paham apa yang saya jelasin nantinya. Disini saya akan menjelaskan tahap demi tahap, jadi silahkan perhatikan dan silahkan juga untuk mengikuti cara pembuatannya.

Dan cara yang saya berikan ini, merupakan cara pembuatan VirtualHost di XAMPP Windows. Jadi jika kalian menggunakan linux, atau os lainnya kurang lebih sama saja, namun berbeda path direktorinya.

Membuat VirtualHost di XAMPP

Sebelum kalian memulai untuk pembuatan VirtualHost nya, ada alangkah baiknya kalian telah menyiapkan berikut ini:

  1. Teks editor Notepad++ (Unduh)
  2. Nama domain yang ingin digunakan

Untuk no. 1 bebas ingin menggunakan teks editor apa aja, yang terpenting teks editor tersebut bisa dijalankan di mode administrator dan bisa digunakan untuk edit atau simpan file dari system Windows. Oke langsung saja ke tutorial pembuatannya.


1. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu membuka This PC lalu kalian bisa copy dan paste direktori berikut ini C:\Windows\System32\drivers\etc di path bagian atas.

1 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP

2. Setelah itu ada beberapa file yang terdapat di direktori tersebut. Kalian bisa cari file dengan nama hosts setelah itu klik file tersebut lalu klik kanan dan pilih "Edit with Notepad++"

2 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP

3. Lalu akan keluar window baru dari Notepad++, setelah itu kalian bisa scroll paling bagian bawah. Lalu tambahkan nama domain yang ingin kalian buat. Dengan format berikut ini:

127.0.0.1 namadomainkalian.tld
127.0.0.1 www.namadomainkalian.tld

Kalian bisa ubah nama domainnya sesuai dengan selera kalian (contoh: akutampanbanget.ee). Jangan nama domain yang sudah ada di publik. Nanti takutnya jika kalian beri nama domain yang ada di publik, lalu kalian buka domain tersebut dan akan menuju ke halaman localhost kalian.

3 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP


Setelah itu kalian bisa tekan CTRL + S pada keyboard kalian, dan nantinya Notepad++ akan meminta untuk masuk ke mode Administrator dan kalian bisa pilih bagian Yes, setelah itu pilih Yes lagi dan lalu pastikan header Notepad++ kalian telah terdapat keterangan [Administrator], jika sudah maka tekan CTRL + S kembali pada keyboard kalian.


4 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP


5 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP


4. Jika sudah, tahap selanjutnya yaitu membuka direktori berikut ini C:\xampp\apache\conf\extra (sesuaikan dengan path direktori instalasi kalian). Jika sudah, nantinya akan ada beberapa file di direktori tersebut. Kalian bisa pilih file dengan nama httpd-vhosts.conf setelah itu kalian edit file tersebut, lalu scroll ke bagian paling bawah.

Jika sudah, kalian bisa copy script berikut ini:

<VirtualHost *:80>
    ServerAdmin webmaster@localhost
    DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/akutampanbanget.ee"
    ServerName akutampanbanget.ee
    ServerAlias www.akutampanbanget.ee
    ErrorLog "logs/localhost-error.log"
    CustomLog "logs/localhost-access.log" common
</VirtualHost>


Disini saya akan menjelaskan beberapa bagian dari script yang ada di atas ini.

  • *:80
    Bagian ini merupakan port default http yang akan dibuka ketika kalian mengunjungi projek kalian. Jika kalian mengubahnya dengan *:2234 (contoh). Maka ketika kalian membuka projek kalian di browser akan seperti ini www.akutampanbanget.ee:2234. Jika tidak merubahnya, berarti kalian bisa membukanya seperti biasanya www.akutampanbanget.ee .

  • DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/akutampanbanget.ee"
    Untuk bagian ini merupakan direktori tempat projek kalian, kalian bisa ubah path direktorinya sesuai dengan path direktori projek kalian.

  • ServerName akutampanbanget.ee
    Pada bagian ini digunakan untuk nama domain kalian, dan tanpa menggunakan www. Kalian bisa menggantinya sesuai dengan nama domain yang telah kalian buat tadi di file hosts

  • ServerAlias www.akutampanbanget.ee
    Pada bagian ini sama halnya seperti ServerName, namun perbedaannya ini menggunakan www. (Jika kalian ingin menggunakan www. pada domain kalian).

6 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP

Jika sudah, maka kalian bisa tekan CTRL + S pada keyboard kalian untuk menyimpan editan tadinya.

5. Tahap terakhir yaitu kalian bisa merestart Apache di XAMPP Control Panel kalian. Dan setelah itu kalian bisa buka domain yang telah buat tadinya di browser kalian. (Contoh: www.akutampanbanget.ee). Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini (contoh saja).

7 - Cara Membuat VirtualHost di XAMPP

Kalian bisa menambahkan file di direktori projek kalian, sebagai contoh seperti gambar di atas ini saya telah menambahkan 1 file dengan nama DailyBlogID.php.

6. Dan selesai, kalian berhasil membuat VirtualHost di XAMPP

Nah gimana? cukup mudah kan untuk pembuatannya, tentu saja iya. Dengan adanya VirtualHost ini dapat mempermudah dalam pembuatan projek di XAMPP, apa lagi projek yang membutuhkan nama domain yang berbeda.

Untuk pembuatan VirtualHost di linux atau os lainnya, kurang lebih hampir sama cara pembuatannya. Namun untuk pembutan di linux atau os lainnya, kalian ubah path direktorinya dan sesuaikan saja.

Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya, semoga artikel tutorial yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian. Jika saya ada salah kata, saya mohon maaf. Sekian, dan terima kasih.

Selamat mencoba!...

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post