Cara Membacakan Teks Pada Website Menggunakan Microsoft Edge

DailyBlog.id - Membaca teks yang panjang pada sebuah situs memang melelahkan, kamu bisa memerintahkan robot pembaca sebagai solusinya.

Robot pembaca ini akan membacakan teks yang tampil pada sebuah halaman situs dengan suara dan tempo yang nyaman didengarkan dan mudah dipahami.

Robot pembaca yang dimaksud adalah fitur Read Aloud yang ada secara bawaan di browser Microsoft Edge. Browser ini juga tersedia secara bawaan jika kamu adalah pengguna Microsoft Windows 10 ke atas.

Untuk menggunakannya, kamu bisa membuka langsung Microsoft Edge di komputer kamu, jika tidak tersedia, kamu bisa men-download melalui link berikut https://www.microsoft.com/en-us/edge dan menginstalnya di komputer kamu.

Setelah browser terbuka, kamu perlu mengakses sebuah situs yang ingin dibacakan. Selanjutnya, klik menu Settings and more di sudut kanan atas yang ditandai dengan icon titik tiga (...), kemudia klik Read Aloud.

1 - Cara Membacakan Teks Pada Website Menggunakan Microsoft Edge

Setelahnya, Read Aloud akan membacakan dan memberikan warna latar kuning pada tiap kata yang dibacakan. Kamu bisa klik tanda panah kanan atau kiri untuk melompat ke kolom atau paragraf berikutnya atau kembali ke sebelumnya.

Untuk menyesuaikan nada baca dengan bahasa yang digunakan pada teks sehingga akan terdengar natural, kamu bisa klik menu Voice Options kemudian pilih bahasa yang sesuai. Sebagai contoh, kamu bisa memilih Microsoft Gadis Online - Indonesian untuk situs berbahasa Indonesia.

2 - Cara Membacakan Teks Pada Website Menggunakan Microsoft Edge

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecepatan baca, apakah lambat, sedang maupun cepat.
Demikian cara menggunakan Read Aloud di Microsoft Edge.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama