Cara Melakukan Screenshot di Browser Opera Desktop

DailyBlog.id - Jika kamu sering mengambil tangkapan layar (screenshot) halaman website di Browser dan kebetulan sedang mengunakan Browser Opera untuk komputer, ada cara praktis melakukan tangkapan layar dibanding menggunakan Snipping Tool bawaan Windows.

Pada Snipping Tool, kamu perlu membuka aplikasi tersebut untuk melakukan tangkapan layar atau cara lain yang umum dilakukan seperti menekan tombol Print Screen di keyboard, kemudian paste di Paint, Ms. Word atau aplikasi lain yang bisa menampilkan gambar hasil tangkapan layar.

Dengan menggunakan Browser Opera, kamu bisa memangkas beberapa langkah dalam mengambil tangkapan layar, karena secara bawaan sudah tersedia fitur Snapshot yang dapat digunakan secara mudah, dengan menekan icon kamera di bar atas browser.

1 - Cara Melakukan Screenshot di Browser Opera Desktop

Setelah menekan tombol tersebut, kamu bisa crop to snap dan memilih area mana yang akan disimpan sebagai gambar.

Jika menginginkan keseluruhan tampilan, kamu bisa crop dari ujung atas kiri layar kemudian tarik sampai ujung kanan bawah layar. Cara lainnya kamu bisa klik tombol Capture full screen di bagian atas.

Berikut adalah tampilan setelah melakukan salah satu diantara dua langkah tersebut:


2 - Cara Melakukan Screenshot di Browser Opera Desktop

Kamu bisa melakukan pengeditan dasar sebelum gambar disimpan, seperti melakukan blur pada beberapa area, memberikan tanda panah, corat-coret, menambahkan text, emoticon bahkan kamu bisa menambahkan foto selfie langsung dari kamera komputer dengan bingkai lingkaran.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil tangkapan layar dan langsung menyimpannya dalam bentuk PDF dengan klik tombol Save page as PDF.

Setelah selesai, kamu bisa membagikan hasil tangkapan layar dengan klik tombol Share di bagian bawah.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama