5 Cara Membedakan Windows 10 Yang Asli atau Bajakan

DailyBlog.id - Windows 10 asli dengan yang bajakan memiliki berbagai perbedaan. Perbedaan paling mendasar adalah ketersediaan dukungan dan bantuan bagi pengguna Windows asli dibanding Windows bajakan yang tidak mendapatkan keduanya.

Perlu diketahui, Windows 10 bajakan adalah Windows 10 yang diaktivasi secara ilegal menggunakan aplikasi activator tidak resmi untuk memberikan fitur penuh Windows 10.

Secara bawaan, Windows 10 dapat didownload dan digunakan secara gratis namun akan terdapat watermark Activate Windows dan beberapa fitur yang tidak bisa digunakan seperti mengganti background desktop. Kekurangan ini yang di-bypass oleh activator tidak resmi untuk menghilangkan watermark dan penggunanya bisa menggunakan fitur penuh Windows 10 tanpa harus membeli lisensi asli.

Sebagai informasi, kamu bisa mendownload Windows 10 melalui link berikut https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10

Meskipun menggunakan Windows 10 ilegal, sebagian besar penggunanya tetap mendapatkan pembaruan sistem dan keamanan Windows 10 dari Microsoft. Langkah baik Microsoft tersebut tidak mutlak menjadi kerugian bagi Microsoft. Adanya iklan di Windows 10 dan semakin banyaknya pengguna Microsoft Store akan memberikan pemasukan tersendiri.

5 Cara Membedakan Windows 10 Yang Asli atau Bajakan

Untuk lebih detailnya, berikut adalah cara membedakan Windows 10 asli dengan yang bajakan:

1. Bantuan dan Dukungan Microsoft

Windows 10 asli tentunya akan mendapatkan bantuan dan dukungan Microsoft melalui email atau portal resmi Microsoft. Kamu juga bisa melakukan pencadangan dan pemulihan Windows 10. Untuk mengetahui apakah akun Microsoft yang kamu gunakan memiliki Windows 10 asli, kamu bisa login dan cek melalui microsoft.com.

2. Cek Melalui CMD

1 - 5 Cara Membedakan Windows 10 Yang Asli atau Bajakan

Ketikan CMD pada kolom pencarian Windows 10 kamu, kemudian enter. Akan tampil jendela aplikasi CMD berlatar belakang hitam. Ketikan lalu enter perintah slmgr /xpr


Jika tampil "The machine is permanently activated" kemungkinan besar Windows 10 yang kamu gunakan adalah Windows asli.

3. Cek Melalui System Properties

Klik kanan pada This PC kemudian pilih Properties, akan terbuka halaman System. Di bagian bawah kamu bisa cek status Windows apakah activated atau tidak. Jika activated kemungkinan Windows 10 yang kamu gunakan asli namun perlu ditelusuri kembali apakah Product ID yang tampil sudah sesuai atau belum.




4. Cek Melalui Activation Settings

Ketik Activation Settings di kolom pencarian Windows kemudian tekan enter. Akan tampil jendela Activation. Jika terdapat keterangan Windows is Activated kemungkinan Windows kamu asli.



5. Cari Aplikasi Activator Ilegal

Mungkin orang lain telah melakukan aktivasi Windows 10 di perangkat kamu secara ilegal. Kamu bisa mencari aplikasi activator ilegal melalui kolom pencarian Windows, biasanya nama aplikasinya KMS Pico.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama