Tutorial Lengkap Cara Install Apache, MySQL dan PHP (LAMP) di Ubuntu/Debian


DailyBlog.id - Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial secara lengkap mengenai cara install Apache, MySQL, dan PHP (LAMP) di Ubuntu. Dan kalian juga bisa install cara yang sama di distribusi yang sama dengan Ubuntu. Sebelum masuk ke cara instalasinya, ada alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu LAMP? berikut penjelasan singkat mengenai LAMP.

LAMP ini adalah sebuah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, dan Perl/PHP/Phyton yang merupakan sebuah perangkat lunak bebas, di mana fungsinya adalah menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

1. Linux

Linux merupakan sistem operasi bebas dan open source yang pada dasarnya dibangun di atas kernel Linux, yaitu sebuah kernel sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2.

Linux sendiri berperan sebagai sistem informasi yang berbasi Unix yang digunakan oleh pengguna secara gratis. Distribusi-distribusi Linux yang populer meliputi Linux Mint, Manjaro Linux, MX Linux, Debian, Ubuntu, Fedora, dan Elementary OS. Distribusi Linux untuk tujuan komersial meliputi Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux.

2. Apache

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

3. PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki peran untuk menggabungkan semua elemen LAMP Server. Dalam kata lain, PHP memungkinkan aplikasi web yang dikembangkan untuk dapat berjalan secara efisien.

Nah apakah kalian sudah tau mengenai LAMP? jika kalian sudah tau, maka kalian akan mencoba untuk menginstallnya di Ubuntu atau Debian atau yang sejenisnya. Berikut ini cara lengkap untuk installnya.

Install Apache, MySQL dan PHP di Ubuntu/Debian

Di bawah ini akan terbagi beberapa cara untuk installnya. Yaitu install Apache Web Server, MySQL Server, PHP, dan phpMyAdmin.


1. Install Apache Web Server

Web server yang sering digunakan biasana yaitu Apache. Untuk installnya kalian bisa mengikuti command yang ada di bawah ini.

sudo apt-get update
sudo apt-get install apache2 -y


Setelah terinstall, kalian bisa mengaktifkannya dan service agar bisa berjalan otomatis nantinya. Berikut commandnya.

sudo systemctl start apache2.service
sudo systemctl enable apache2.service
sudo systemctl status apache2.service


Jangan lupa untuk periksa "ufw" kalian, apakah ufw ini aktif atau tidak? jika aktif dan  belum di allow untuk http ataupun https di firewallnya, maka nantinya kalian tidak bisa membukanya. Untuk memeriksa status ufw nya aktif atau tidak. Kalian bisa ikuti command yang ada di bawah ini:

sudo ufw status


Nah jika status ufw kalian aktif, maka kalian bisa mengaktifkan port 80 dan 443.

sudo ufw allow in 'Apache Full'


Untuk membuktikan apakah sudah berhasil konfigurasi semua yang di atas, kalian bisa aksesnnya dengan cara buka browser lalu ketikan http://localhost atau pun http://127.0.0.1 . Dan jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini:

Install Apache di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache, MySQL dan PHP di Ubuntu/Debian)


2. Install MySQL Server

Untuk install MySQL Server kalian bisa menjalankan command berikut ini

sudo apt-get install mysql-server mysql-client -y


Disaat proses install, nantinya kalian akan dimintai untuk mengatur password root mysqlnya. Lalu setelah itu konfirmasi password yang sama. Lalu tekan enter.

Install MySQL Server di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,

Tahap install MySQL Server sudah selesai, untuk memastikan apakah berhasil ajalan atau tidak. Bisa cek dengan command berikut ini.

sudo systemctl status mysql.service

3. Install PHP

Untuk versi php yang akan diinstall menggunakan versi 7.0. Berikut ini commandnya:

sudo apt-get install php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-json php7.0-cgi php7.0 libapache2-mod-php7.0 -y


Setelah install, kalian bisa buat file baru dengan nama phpinfo.php (jika belum ada). Lalu isi dari file tersebut yaitu

<?php echo phpinfo();?>



Jika sudah, kalian bisa buka file tersebut melalui browser. Untuk bukanya bisa akses http://localhost/phpinfo.php atau http://127.0.0.1/phpinfo.php . Setelah dibuka, maka tampilannya akan seperti ini.

Install PHP7 di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,

4. Install phpMyAdmin

Untuk install phpMyAdmin, kalian bisa menjalankan command yang ada di bawah ini:

sudo apt-get install php-mbstring php7.0-mbstring php-gettext
sudo systemctl restart apache2.service
sudo apt-get install phpmyadmin -y


Disaat proses install, kalian nantinya akan dimintai beberapa konfigurasi.

Pada tahap ini kalian bisa pilih yang bagian apache2.

Install phpMyAdmin di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,

Lalu pilih bagian yes

Install phpMyAdmin di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,


Setelah itu password untuk mengabungkan phpMyAdmin dengan MySQL Server. Dan konfirmasi password yang sama. Lalu pilih OK


Install phpMyAdmin di Ubuntu (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,

Setelah proses instalasi telah selesai. Kalian bisa membuka phpMyAdmin melalui browser dengan akses http://localhost/phpmyadmin atau http://127.0.0.1/phpmyadmin. Untuk tampilan awal (disaat halaman login)

Halaman Login phpMyadmin (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,


Gunakan username root dan password yang sudah dikonfigurasi di atas tadi.

Berikut ini tampilan setelah login di phpMyAdmin.

Halaman phpMyadmin (Tutorial Lengkap Cara Install Apache,


Nah itu dia cara lengkap untuk install Apache, MySQL dan PHP di Ubuntu atau Debian atau sejenisnya. Cukup ribet, tapi bermanfaat juga ya kan? Tentu saja ya.

Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya, semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semu. Jika saya ada salah pengetikan, mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Selamat Mencoba!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama