Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

DailyBlog.id - Pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana agar bisa menghubungkan domain di blogger ke Cloudflare. Banyak yang bertanya kepada saya mengenai Cloudflare dan apa gunanya pada website atau blog nantinya? Mungkin buat kalian yang masih belum dengar mengenai Cloudflare, saya akan memberitau mengenai Apa itu Cloudflare? sebelum masuk ke tutorialnya. 

Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai proxy antara website dan visitor. Melayani cache konten statis dari lokasi terdekat (Cloudflare memiliki banyak server yang tersebar di beberapa negara), hal itu menjadikan loading sebuah website lebih cepat.

Jadi Cloudflare itu bisa kalian gunakan sebagai dns, proxy, dll. Selain itu juga cloudflare menyimpan cache, agar loading website nantinya lebih cepat. Nah berhubung tutorial kali ini menguhubungkan blog dari blogger ke Cloudflare, kemungkinan yang paling dirasakan nantinya yaitu cache untuk kecepatan blog kalian, kalau proxy pun menurut saya tidak begitu ngaruh ke blogger soalnya. Oke langsung saja berikut ini cara menghubungkan Cloudflare pada blogger.

Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

1. Langkah pertama, pastinya kalian harus memiliki akun Cloudflare tentunya. Jika kalian belum punya akunnya, kalian bisa daftar melalui link https://dash.cloudflare.com/sign-up . Dan jika kalian sudah punya, silahkan Login ke akun kalian.

2. Jika sudah, kalian bisa tambahkan domain yang kalian miliki. Jika kalian belum memiliki domain, kalian bisa beli di penyedia domain seperti Niagahoster, Qwords, Jagoanhosting, dll.

Untuk menambahkan di Cloudflare, kalian bisa klik button berwarna biru "Add a Site". Lalu masukin nama domain yang kalian punya.

1 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

3. Setelah itu pilih yang "Free". Jika kalian pingin yang premium, kalian bisa pilih paket premium yang ingin kalian gunakan (Pro/Business/Enterprise). Setelah itu klik "Continue".

2 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

4. Setelah itu tunggu, nanti Cloudflare akan scan DNS dari domain kalian.

3 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

5. Lalu kalian akan diminta untuk mengganti NS (nameserver) dari domain yang kalian punya ke NS punyanya Cloudflare. Dan NS ini tergantung dari Cloudflare yang berikan Jadi ikuti NS yang sudah diberikan oleh Cloudflarenya.

4 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

6. Setelah itu lanjut saja, dan nanti akan diarahkan ke halaman "Start Guide". Disini kalian bisa atur untuk meningkatkan keamanan pada blog, meningkatkan kinerja pada blog, dll. Atau kalian juga bisa klik "Finish later" untuk skip di bagian halaman ini.

5 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

7. Lalu pada tahap ini merupakan tahap yang terpenting bagi saya. Untuk tahap yang satu ini merupakan tahap mengatur DNS. Kalian bisa mengganti "dailyblog.id" menjadi nama domain yang kalian punya. Dan pastikan IP pada A itu sudah benar, jika ada salah satu saja nantinya tidak bisa terhubung ke Bloggernya.

6 - Cara Menghubungkan Domain di Blogger ke Cloudflare

8. Dan menghubungkan domain di blogger ke Cloudflare sudah selesai. Kalian bisa cek blog kalian atau refresh blog kalian. Dan jika berhasil maka akan seperti ini.

* Saat belum dihubungkan ke Cloudflare

IP pada domain saya, masih menggunakan IP Default dari blogger dan masih belum saya hubungkan ke Cloudflare.

* Setelah saya hubungkan ke Cloudflare

IP terlihat berubah mengikuti IP proxy dari Cloudflare, dan sudah tidak menggunakan IP dari blogger.



Dan jika berhasil terhubung ke Cloudflare, maka "Certificate Information" nya juga berubah. Menjadi Certificate yang dihasilkan dari Cloudflare.


Catatan: "Jika semua yang kalian terapkan seperti langkah-langkah di atas, tapi blog masih belum terhubung ke Cloudflare. Kalian harus bersabar dan menunggu sekitar setengah jam atau 24 jam an, agar DNS dari domain yang kalian punya bisa menyesuaikan dengan nameserver dari Cloudflare".

Cara di atas ini juga tidak hanya pada blogger saja, kalian juga bisa terapkan pada website atau blog kalian yang bukan dari blogger.

Dan begitulah cara menghubungkan domain di blogger ke Cloudflare, sangat mudah kan? Iyaps tentu saja. Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya, semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika saya ada salah pengetikan, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Selamat mencoba!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama