Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

DailyBlog.id - Sebelum memasuki cara menghapus Grub Bootloader dari Windows 11 nya, disini saya ingin memberi tau pada kalian, bahwa Grub merupakan singkatan dari GRand Unified Boot-loader, dimana Grub ini digunakan untuk paket atau tempat boot dari sistem operasi yang berbeda-beda di komputer atau laptop yang sama. Dan Grub akan tampil ketika komputer dinyalakan pertama, dan akan tampil pilihan Sistem Operasi yang ingin diload.

Pernah ketika laptop saya sering bermasalah pas install sistem operasi linux, ntah kenapa laptop saya banyak skali masalah ketika install linux tersebut. Dalam hal tersebut, saya memutuskan untuk tidak menginstall kembali dan menghapus linux dari laptop saya. Namun permasalahan yang terjadi ketika saya menghapus linux tersebut, bahwa masih ada bekas bootnya di laptop saya. Saya pun bingung dan tidak tau caranya untuk menghapus, lalu saya cari dan bacca dari berbagai macam artikel yang ada di Google agar bisa hapus bekas Grub Bootloader dari linux tersebut, dan caranya yang sangat mudah dan tidak perlu butuh software tambahan, cukup bermain pada CMD di Windows. Sebenarnya caranya sama saja, bisa digunakan di Windows 10 ataupun di Windows 11. Kalau di bawahnya, saya juga kurang tau.

Oke langsung saja ke cara hapusnya.

Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Yang sudah saya katakan tadi, bahwa nantinya ketika menghapus menggunakan CMD. Jika kalian tidak tau mengenai cara-cara penggunaan CMD, saya akan berusaha untuk memberikan cara-cara yang mudah dipahami.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu membuka CMD, kalian bisa search pada Windows ataupun melalui keyboard kalian dengan cara tekan Win + R lalu ketikan CMD.

Jika sudah terbuka CMD nya, kalian bisa ketik diskpart setelah itu kalian klik Yes


1 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Lalu tahap selanjutnya, kalian lisk disk (volume) apa aja yang ada di komputer kalian. Kalian bisa ketikan list vol


2 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Setelah itu, nantinya akan tampil banyak disk (volume) yang ada di komputer kalian. Nah pastikan kalian semua cari yang Fsnya adalah FAT32 dan itu pasti cuma satu saja.


3 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11


Lalu pilih disk tersebut dengan cara ketik select vol x , nah x itu merupakan urutan volume kalian berapa. Tergantung dari komputer kalian, dan kebetulan dari komputer saya x nya adalah 2 


4 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Setelah kalian memilih disknya, maka tahap selanjutnya kalian bentuk Ltr  (Letternya), disini saya akan menggunakan Z sebagai Ltr nya. Untuk membuat letternya, kalian bisa ketikan assign letter=Z kalian bebas mau menggunakan letternya apa, yang pasti A-Z dan tidak boleh ada yang sama dari disk lainnya.


5 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Jika sudah, maka kalian bisa ketikan exit untuk keluar dari CMD nya.


6 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Tahap selanjutnya, kalian bisa buka CMD nya lagi. Tapi melalui Run as administrator . Kalian bisa search kembali CMD, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator

7 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Jika sudah, kalian bisa masuk ke disk / vol kalian dengan cara ketikan Z: pastikan sesuai dengan letter yang sudah kalian tentukan tadi.


8 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Lalu kalian akan masuk ke path direktori letter kalian, tahap selanjutnya yaitu melihat direktori apa aja yang ada di volume kalian tadi, dengan cara ketik dir

9 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Dan terlihat bahwa ada direktori EFI, nah tempat bootloader para sistem operasi ada di direktori tersebut. Jadinya harus masuk ke dalam direktori EFI. Untuk masuk atau menuju direktori tersebut, kalian bisa ketikan cd EFI

10 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11


Setelah itu kalian akan melihat beberapa bootloader sistem operasi, nah kalian bisa pilih yang mana ingin kalian hapus. Disini saya ingin menghapus ubuntu serta BOOT.

11 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Untuk menghapusnya, kalian bisa ketikan rmdir /s yang_ingin_dihapus , seperti yang ada di gambar bawah ini.

12 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Setelah itu kalian bisa ketik Y untuk konfirmasi penghapusannya. Dan bootloadernya berhasil dihapus

13 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11


Tahap penghapusannya sudah berhasil, tapi belum selesai. Tahap selanjutnya yaitu menghilangkan Ltr yang sudah kalian bentuk atau buat tadi, menjadi seperti semula. Untuk menghilangkan Ltr nya, kalian bisa buka CMD (biasa) lalu diskpart setelah itu list vol dan selanjutnya ketikan remove letter=Z dan ingat Z merupakan Ltr yang kalian bentuk tadi.

14 - Cara Hapus Grub Bootloader dari Windows 11

Dan sudah selesai, Grub Bootloadernya berhasil dihapus dari komputer atau laptop kalian. Dan jika kalian ingin mengecek apakah sudah benar-benar terhapus atau belum. Kalian bisa cek melalui BIOS pada komputer atau laptop kalian masing-masing. Dan jika berhasil, maka Grub Bootloadernya sudah tidak ada di list boot BIOS kalian.

Mungkin itu saja tutorial dari saya mengenai hapus Grup Bootloader dari Windows 11 dan cara-cara yang sudah saya berikan ini, bisa kalian coba juga di Windows 10. Sangat mudah kan? dan tanpa menggunakan software tambahan dari luar. Jika saya ada salah pengetikan, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Selamat mencoba!...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama