Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

DailyBlog.id - Sering kali di suatu website atau blog pasti ada yang melakukan spam, baik itu di kolom komentar atau lainnya. Hal tersebut untuk mencegah suatu spam, dapat diatasi dengan memasang captcha. Setelah saya membahas cara membuat captcha sederhana menggunakan script php juga. Kali ini saya memberikan tutorial cara memasang recaptcha dari Google. Jika kalian belum tau mengenai recaptcha itu apa? maka saya akan menjelaskan secara singkat mengenai apa itu recaptcha? 

reCAPTCHA adalah layanan gratis dari Google yang membantu melindungi situs web dari spam dan penyalahgunaan. Sedangkan Captcha sendiri merupakan tes turing untuk membedakan manusia dan bot. (dikutip dari tirto.id)

Jika sudah mengerti mengenai recaptcha, maka selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini, untuk memulai cara pasang recaptcha dengan script php.

Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

Disini saya akan memberikan tutorialnya lengkap, langkah demi langkah dan jelas. Jadi ada alangkah baiknya, kalian mengikuti dengan benar.

Langkap ke-1: API reCAPTCHA

Tentu saja ketika memasang recaptcha, harus menggunakan API. Agar nanti bisa diverifikasi melalui script phpnya. Untuk mendapatkan API nya, kalian bisa buka melalui tautan berikut ini. https://www.google.com/recaptcha/admin

Jika sudah, kalian bisa daftarkan domain yang ingin kalian pasang. Seperti contoh berikut ini:

1 - Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

Setelah itu nantinya kalian akan mendapatkan site keys dan secret keys. Jadi kalian simpan baik-baik kedua kode tersebut. Dan untuk secret keys, jangan dikasih tau. Jika dikasih tau, bisa disalah gunakan oleh orang lain nantinya. Untuk

2 - Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

Langkap ke-2: Buat Validasi reCAPTCHA

Setelah kalian mendapatkan API keys nya, kalian bisa buat file validasi script recaptchanya. Sebagai contoh nama filenya yaitu validasi_recaptcha.php

validasi_recaptcha.php

<?php

if (isset($_POST['submit']))
{
    $secretAPI = 'PASTE DISINI SECRET KEYS NYA';
    $recaptchaResp = $_POST['g-recaptcha-response'];
    $ambildata = file_get_contents('https://www.google.com/recaptcha/api/siteverify?secret='.$secretAPI.'&response='.$recaptchaResp);
    $json = json_decode($ambildata);

    if ($json->success)
        echo "Berhasil memverifikasi reCAPTCHA";
    else
        echo "reCAPTCHA gagal diverifikasi. Silahkan coba lagi!";
    
    echo "<br/><br/>";
}

?>



Untuk $secretAPI, kalian bisa copy secret keysnya yang ada di halaman google recaptcha.

Langkap ke-3: Pasang reCAPTCHA

Setelah membuat file validasinya, maka tahap selanjutnya yaitu pasang recaptcha di halaman yang ingin kalian pasang. Kalian bisa buat file dengan nama recaptcha.php lalu copas script yang ada di bawah ini.

recaptcha.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="id">
    <head>
        <title>Pasang reCAPTCHA</title>
        <meta charset="utf-8" />
        <meta name="viewport" content="width=device-width,initial-scale=1" />
    </head>
    <body>
        <?php include 'validasi_recaptcha.php' ?>

        <form method="POST">
            <div class="g-recaptcha" data-sitekey="PASTE DISINI SITE KEYS NYA"></div><br/>
            <input type="submit" name="submit" value="Validasi reCAPTCHA">
        </form>
        <script src="https://www.google.com/recaptcha/api.js" async defer></script>
    </body>
</html>


Untuk bagian div.g-recaptcha data-sitekey="", kalian bisa copy site keysnya dari halaman google recaptcha. Lalu paste di data-sitekey nya.

Langkap ke-4: Uji Coba reCAPTCHA

Jika tahap semua tahap di atas sudah selesai. Maka langkah selanjutnya melakukan uji coba terhadap recaptcha yang sudah dipasang. Kalian bisa coba centang recaptchanya, lalu klik validasi ataupun jangan dicentang lalu klik validasi. Maka hasilnya akan seperti ini:


3 - Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP


4 - Cara Memasang Google reCAPTCHA Dengan Script PHP

Nah gimana sangat mudah kan cara pasang Google reCAPTCHA nya? Kalian bisa pasang di halaman yang ada kolom komentarnya, atau di halaman login maupun di halaman lainnya yang ingin dicegah agar tidak ada orang yang ingin melakukan spam pada website atau blog kita.

Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya. Semoga tutorial yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika saya ada salah kata atau salah pengetikan, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Selamat mencoba!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama