Ini dia! 5 Alasan Pentingnya Website Ecommerce Saat Ini

Ini dia! 5 Alasan Pentingnya Website Ecommerce Saat Ini

DailyBlog.id - Pentingnya website ecommerce memutuskan untuk memasarkan produk secara online. Umumnya pemilik usaha akan melakukannya di marketplace ternama dengan user yang banyak seperti di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Namun tahukah anda hal tersebut adalah hal yang paling umum untuk orang lain. Bahkan bagi pemilik usaha yang tidak memiliki produknya sendiri pun dapat melakukan itu seperti reseller dan dropshipper.

Jika anda pemilik produk atau pendistribusi resmi suatu produk akan lebih baik untuk memiliki website eccomerce sebagai pembeda dengan produk lain yang sejenis. Kelebihan kelebihan antara lain sebagai berikut:


1. Pentingnya Website Ecommerce Mmperkuat Citra Brand Produk

Ketika menggunakan marketplace produk berupa generik standar produk memiliki batasan kata, terbatas nya foto, sampai terbatasnya penggunaan foto logo.

Faktanya ketika memasuki kolom produk anda di marketplace hal yang paling terlihat adalah logo marketplace sampai warna khas dari marketplace. Sehingga mengurangi kemampuan anda membangun brand awareness. Orang umumnya akan mengasosiasikan bahwa produk anda terhubung dengan marketplace. Sehingga customer tidak akan mencari produk anda melalui alternatif lain dan akan meningkatkan ketergantungan anda pada marketplace tersebut.

Tujuan branding produk anda seharusnya untuk mengasosiasikan logo, warna, dan identitas khas lainnya kepada produk anda sendiri. Hal tersebut untuk membangun website ecommerce agar dapat memaksimalkan brand baik itu logo, warna khas terkait produk anda. Tampilan situs yang mengidentikan dengan karakter produk anda. Kemungkinannya sangat luas sehingga pelanggan dapat membedakan produk anda dengan kompetitor lainnya.

2. Memahami Pelanggan

Tahukah anda bahwa dengan memiliki website eccomerce sendiri dapat memahami pelanggan secara langsung. Umumnya adalah memudahkan pemilik produk mendapatkan feedback dari pelanggan langsung namun tahukah anda website ecommerce dapat mengetahui lebih dari itu?

Website ecommerce dapat memahami apa yang paling diinginkan dan dicari oleh kustomer dengan memahami produk yang paling banyak dilihat. Hal yang tidak bisa diketahui di marketplace sehingga anda dapat menganalisis produk yang paling tren beserta bulan. Jika anda ingin menganalisis lebih dalam sehingga anda dapat membuat konsep produk yang tepat di waktu yang paling dicari oleh pelanggan.

Sisi lain anda dapat melakukan peramalan dengan memaksimalkan jumlah ketersediaan produk yang paling trend dan mengurangi stok produk sehingga dapat mengurangi lamanya siklus perputaran barang dan memastikan bahwa gudang penyimpanan anda dapat berotasi dengan cepat untuk produk baru.

Tidak hanya itu anda masih dapat mengetahui jumlah barang yang hanya simpan oleh pelanggan anda, banyaknya barang yang simpan namun tidak melakukan pembelian maka anda bisa melakukan evaluasi secara cepat. Kemungkinan terbesar adalah apakah situs anda masih kurang nyaman sehingga anda dapat melakukan penyesuaian user experience, atau apakah kekurangannya adalah pembayaran maka anda dapat melakukan penambahan mitra pembayaran seperti digital wallet Gopay, Dana, dan Ovo.

3. Membangun Customer Base

Aspek membangun pelanggan sendiri sangatlah penting dalam membangun hubungan jangka panjang, anda dapat mengumpulkan email dari pelanggan yang telah bertransaksi dengan anda lalu dapat melakukan teknik pemasaran “remarketing” dengan menargetkan kembali pelanggan anda dengan promosi yang menarik maupun berbeda ke email pelanggan tersebut sehingga meningkatkan peluang pelanggan kembali berbelanja sampai meningkatkan loyalitas pelanggan terhadapt brand anda.

Mendapatkan pembelian kembali kepada pelanggan anda sangat sulit dilakukan pada marketplace karena anda tidak dapat melakukan hal tersebut, selain itu ketika produk anda dicari secara langsung maka produk anda tidak langsung muncul di pencarian pertama. Terdapat fitur beriklan sehingga memungkinkan produk anda berada di belakang setelah iklan sehingga mengurangi loyalitas pelanggan anda.

4. Membuat Desain Katalog

Dengan membuat website eccomerce sendiri maka anda dapat menyesuaikan desain katalog produk anda sesuai dengan yang paling diinginkan oleh pelanggan sampai yang paling unik yang mencitrakan produk anda :

  • Anda dapat mengatur lokasi foto dan video
  • Mengganti warna beserta tema nya
  • Mengatur navigasi dan layout situs secara bebas
  • Peletakan tombol dan teks
  • Menambahkan blog pribadi

Yang paling penting adalah produk anda semua yang akan muncul tanpa khawatir akan adanya produk lain dalam hasil pencarian produk, selain itu anda dapat memberikan saran rekomendasi pada produk anda lainnya sehingga meningkatkan peluang pembelian konsumen.

Dengan memiliki website eccomerce sendiri anda dapat melakukan eksperimen berbagai penawaran tanpa harus khawatir melanggar peraturan term of condition batasan oleh marketplace.

5. Pentingnya Website Ecommerce Untuk Promosi

Hanya karena anda memiliki website ecommerce sendiri berarti anda hanya mengandalkan sarana media promosi secara internal website anda, anda mesih tetap dapat melakukan promosi melalui media eksternal seperti sosial media pada instagram dan facebook dengan memberikan konten yang menarik sampai edukatif untuk menambah basis pelanggan secara organik, selain itu anda dapat beriklan menggunakan google ads untuk mengarahkan pelanggan melalui pencarian suatu produk untuk diarahkan ke website ecommerce anda.

Selain itu anda dapat memberikan kupon promosi seusai yang anda inginkan, hal yang tidak dapat dilakukan di marketplace. Anda dapat memberikan kupon dengan nominal yang bisa anda tentukan sendiri. Hal tersebut dapat membuat pelanggan akan kembali ke situs anda secara berkala, menurut clutch.co sebanyak 37% akan selalu kembali ke situs secara berkala untuk mengecek kupon sehingga hal tersebut meningkatkan loyalitas.

Kesimpulannya memiliki website ecommerce sangatlah penting sebagai bagian dari meningkatkan branding dan loyalitas pelanggan, marketing secara luas, dan keberlangsungan penjualan. Selain itu dapat di sinergikan dengan berbagai bentuk channel marketing untuk meningkatkan visibilitas ecommerce.Dengan memiliki insight selengkap itu tadi maka anda dapat memaksimalkan penjualan anda.

Previous Post Next Post