Membuat Website Tanpa Coding? Ini Dia Cara Buatnya!

Membuat Website Tanpa Coding? Ini Dia Cara Buatnya!

DailyBlog.id - Membuat website tanpa coding apkah mingkin? Anda mulai memikirkan untuk memiliki website sendiri? Bisnis anda perlu meluas ke kalangan yang lebih besar melalui internet? Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki keahlian dalam melakukan pemrograman karena saat ini membuat website semakin mudah.

Orang awam akan selalu menganggap bahwa membuat website adalah hal yang merepotkan dan tidak akan bisa dilakukan oleh orang yang tidak bisa dilakukan dengan pengetahuan IT. Anda masih bisa membuatnya dengan cara seperti berikut:

Tentukan bentuk sebelum membuat website tanpa coding

Sebelum mulai membuat website pastikan bahwa anda memiliki rencana terhadap jenis website seperti apa. Dengan menentukan bentuknya anda dapat membuat rencana, konsep, fitur, dan isi konten.

Pada umumnya bentuk website terdiri dari :

  • Landing Page. Landing page merupakan situs yang hanya berisi satu halaman yang berisikan beberapa konten gambar atau video dengan satu tombol utama, yaitu ajakan untuk membeli atau mengisi form. Umumnya website sebagai media khusus yang mengarahkan iklan online seperti google ads dan ig ads untuk promosi produk dan layanan.

  • Profil perusahaan. Situs yang berisi segala bentuk informasi dan laporan suatu perusahaan untuk dikenal oleh publik. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas perusahaan agar terlihat semakin profesional dan dapat mencapai audiens yang lebih luas lagi.

  • Ecommerce. Situs ecommerce berisi seluruh produk dan layanan yang anda jual secara khusus untuk produk anda. Sangat berbeda dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak karena dengan memiliki ecommerce anda memfokuskan target audiens hanya pada produk layanan anda. Selain itu anda dapat melakukan branding dengan mengasosiasikan suatu warna beserta gambar pada situs anda.

  • Forum. Situs forum merupakan wadah berbagai audiens untuk mencari dan bertukar informasi. Banyak yang memanfaatkan forum sebagai sarana bagi komunitas seperti otomotif, kuliner, sampai teknologi.

  • Berita. Website berita merupakan jenis situs yang memberikan informasi berupa berita kepada seluruh audiens secara gratis. Umumnya situs berita bersifat kompleks karena perlu fitur pengkategorian tingkat lanjut. Tujuan utama membangun website berita adalah monetisasi seluruh berita dengan menghadirkan iklan kepada audiens.

Ketika anda sudah memiliki gambaran terkait website yang ingin dibangun maka langkah berikutnya adalah menentukan toolsnya.

Menentukan tools membuat website tanpa coding

Bagian yang paling ditunggu semua orang, bagian ini menjawab seluruh pertanyaan terkait cara membuat website tanpa coding. Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman yang rumit seperti VueJS, C++, Laravel, dan PHP. Selain itu tanpa harus menggunakan banyak waktu dalam mengembangkannya.

Dengan menggunakan WordPress, Weebly, Webflow, dan Wix. Tools tersebut memungkinkan anda membuat website dengan fitur terkini yaitu drag & drop. Cara membuatnya adalah terdapat template yang diberikan oleh developer yang bisa anda gunakan.

Sebagai contoh menurut anda nama produk layanan anda berada pada posisi yang tidak tepat maka anda dapat menggesernya dengan menekan tombol atau gambar lalu melepasnya di posisi tertentu. Selain itu terdapat template sudah jadi yang bisa anda gunakan secara langsung dengan hanya tinggal mengganti tulisan, deskripsi, serta konten seperti foto dan video.

Banyak perusahaan ternama yang telah menggunakan template tersebut. Yang paling mengagetkan adalah New York Times yang menggunakan wordpress dalam membangun websitenya.

Menentukan domain dan server

Website yang sudah anda buat tidak langsung akan tampil di google. Pertama anda harus mengaktifkan website anda dengan menyewa hosting domain server secara berkala baik itu bulanan maupun tahunan. Namun perhatikan dengan seksama karena jika masa berlaku domain habis dan anda tidak perpanjang maka situs hilang sementara dan rentan menjadi milik orang lain.

Pada beberapa tools tidak memungkinkan anda menggunakan domain server dari luar sehingga anda harus berlangganan dengan developer, tools tersebut adalah Wix. Sedangkan tools lainnya masih memperbolehkan anda untuk menyewa melalui domain server eksternal.

Untuk mendapatkan harga terbaik dalam menyewa domain dan server anda dapat melakukannya di Niagahoster.

Dengan kemudahan tersebut terdapat beberapa kekurangan yang tidak bisa kita anggap ringan, antaranya seperti:

Keamanan data

Server yang menggunakan seluruh tools yang memungkinkan anda drag & drop sesuka hati memiliki tingkat keamanan yang rendah. Sehingga membuat situs anda dari serangan siber seperti server hack sampai DDoS yang membuat situs anda lumpuh dan offline.

Hal tersebut karena developer penyedia tools berfokus pada kemudahan dan keindahan tampilan (interface) sehingga kurang memaksimalkan keamanannya. Selain keamanan data dengan menggunakan domain server yang padaa developer pun rentan dari serangan siber. Semua server yang merupakan shared server yang mana satu hardware yang menjadi fondasi server untuk berbagai domain server. Jika satu hardware diserang maka seluruh server yang ada memiliki kerentanan untuk terkena serangan hack. Ada baiknya jika anda memikirkan keamanan data untuk memiliki server yang khusus untuk domain anda sendiri (dedicated server).

Template dan plugin tambahan bersifat premium

Jika anda merasa ingin membuat website dengan instan anda dapat menggunakan template yang tersedia oleh masing masing tools, anda tinggal perlu mengedit tulisan beserta kontennya. Namun untuk template gratis terbatas dalam hal jumlahnya sampai kualitas visual sedangkan template dengan tampilan indah dan kerumitan yang tinggi anda perlu membayarnya.

Plugin adalah fitur tambahan yang dapat merubah dan memodifikasi alur program. Plugin pada tools tersebut beragam antaranya ada yang untuk mengoptimasi SEO, fitur payment gateway untuk mengintegrasikan pembayaran melalui bank atau digital wallet seperti Gopay, Ovo, dan dan Dana.

Dukungan teknis (Support)

Dengan menggunakan tools pengembangan situs tersebut maka anda akan merasakan lambatnya dukungan teknis jika terjadi kendala. Karena banyaknya yang menggunakan jasa yang sama maka anda akan mendapatkan antrian sesuai urutan. Sehingga menambah waktu masalah anda untuk menyelesaikannya.


Pembaharuan plugin

Plugin memang memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pemilik situs akan tetapi kestabilannya dapat terganggu jika terjadi update. Perlu anda ketahui jika plugin akan selalu sesuai dengan toolsnya. Masalahnya yang paling sering muncul adalah jika terjadi ketidaksesuaian antara satu plugin dengan yang lainnya. Ketidaksesuaian tersebut membuat situs anda tidak dapat berfungsi sehingga anda perlu memilih plugin mana yang tidak perlu.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post