5 Rahasia dan Trik Command Line Linux yang Sangat Berguna dan Harus Kalian Ketahui

5 Rahasia dan Trik Command Line Linux yang Sangat Berguna dan Harus Kalian Ketahui

DailyBlog.id - Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa rahasia dan trik command line yang terdapat pada linux yang sangat berguna serta dapat menghemat waktu tentunya. Kebanyakan beberapa orang membutuhkan waktu untuk mencari tau bagaimana cara penggunaannya saat memulai linux pertama kali. 

Nah disini saya akan membagikan beberapa trik command line yang sangat berguna bagi kalian semua, dan kalian semua harus mengetahuinya. Nah berikut ini beberapa command line linux yang harus kalian ketahui tentunya.


1. Menjalankan beberapa perintah

Sebagian besar pengguna Linux baru mengetahui bahwa mereka harus menunggu sampai perintah berjalan dengan sukses sebelum mereka dapat menjalankan perintah berikutnya. Namun, itu tidak benar. Ada cara untuk menjalankan beberapa perintah dengan trik sederhana di baris perintah. Ini tidak berarti bahwa perintah akan dijalankan pada saat yang sama, tetapi Anda akan memasukkan beberapa ke dalam proses. Jika Anda ingin melakukan ini, seperti inilah tampilan perintah Kalian:


perintah_1; perintah_2; perintah_3


Dengan melakukan ini, Kalian akan memastikan bahwa setelah sebuah perintah berhasil dijalankan, perintah berikutnya akan mulai dijalankan tanpa memerlukan input apa pun dari Kalian.

2. Perintah / Command !!

Satu hal yang harus kalian biasakan saat beralih ke Linux adalah kalian sering harus menulis kata sudo di awal perintah Kalian. Ini karena sistem operasi memerlukan hak akses root untuk menjalankan perintah tertentu. Terkadang, kalian mungkin menulis perintah yang panjang dan rumit hanya untuk mengetahui bahwa kalian lupa menambahkan sudo di awal.

Kalian tidak perlu khawatir jika ini terjadi pada Kalian, karena ada trik sederhana yang dapat kalian gunakan untuk memperbaiki masalah ini. Cukup ketik: sudo !! sebagai perintah kalian berikutnya, dan perintah kalian sebelumnya akan berhasil dijalankan.

3. Mencari Perintah / Command Sebelumnya

Sering terjadi bahwa pengguna Linux baru dan berpengalaman lupa perintah persis yang kalian gunakan beberapa jam yang lalu. Kalian akan kehilangan banyak waktu jika kalian hanya mencari perintahnya:

Cukup tekan CTRL + R di baris perintah dan ketik bagian dari perintah yang kalian ingat. Ketika kalian melakukan ini, komputer akan mencari riwayat kalian dan menampilkan perintah yang cocok dengan istilah pencarian Anda. Setelah kalian menemukan apa yang kalian cari, tekan CTRL + C untuk keluar dari pencarian terbalik.

4. Membiarkan Program Berjalan di Latar Belakang

Jika kalian menggunakan Linux sebelumnya, kalian tahu bahwa program yang kalian jalankan di terminal akan dimatikan segera setelah sesi terminal selesai (terminalnya ditutup). Namun demikian, ini tidak harus selalu terjadi. Kalian tetap dapat menjalankan program di latar belakang meskipun Kalian mengakhiri sesi terminal  atau menutup terminalnya dengan perintah sederhana.

Untuk melakukan ini, ketik nohup di awal perintah kalian. Perintah nohup adalah singkatan dari no hang up dan sangat berguna. Ini dapat menghemat banyak waktu jika kalian lupa bahwa kalian ingin menjalankan program tertentu dan secara tidak sengaja menutup terminalnya.

5. Menghapus File Permanen di Linux

Kebanyakan orang menggunakan Linux karena mereka menginginkan privasi atau data yang bersifat tertutup. Jika kalian ingin melindungi data kalian dan mencegah siapa pun melihatnya, Anda dapat menggunakan perintah yang memungkinkan kalian untuk menghapus filenya. Kalian kemungkinan besar tau dengan perintah rm yang digunakan untuk menghapus file.

Dan untuk menghapus file secara permanen, kalian bisa melakukan dengan cara ketik shred –zvu <namafile> . Maka file kalian akan dihapus secara permanen, dan tidak ada yang bisa mengaksesnya lagi.

Mungkin itu saja dari saya mengenai 5 rahasia dan trik command line linux yang sangat berguna dan harus kalian ketahui. Jika saya ada salah kata atau salah tutorialnya, silahkan komen di bawah. Dan semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Sekian, dan terima kasih.

Selamat mencoba!

Previous Post Next Post