5 Cara Untuk Melakukan Pencarian atau Melihat IP Address


DailyBlog.id
- Pada artikel ini kita akan melihat, cara mencari Alamat IP. Internet Protocol atau alamat IP mengacu pada alamat jaringan tertentu. Fungsinya adalah untuk membantu menghubungkan komputer Anda ke perangkat lain di Jaringan dan di seluruh dunia. Alamat IP memungkinkan lokasi miliaran perangkat digital yang terhubung ke Internet untuk dikenali dan dibedakan dari perangkat lain. Ini terbuat dari angka dan karakter. Contoh: 216.239.38.120


Alamat IP sendiri terbagi menjadi 2 versi:

  • IPv4(1981) – Versi ini mengacu pada versi alamat IP tradisional. Ini adalah 32 bit panjang dengan 8 bit untuk setiap bagian dari alamat. Nomor sebelumnya biasanya mengidentifikasi negara dan Jaringan regional perangkat. Berikutnya adalah subnetwork. Kemudian, akhirnya, alamat perangkat tertentu.

    Contoh: 216.239.38.120

  • IPv6 (1995) – Ini lebih merupakan versi modern, yang menggunakan 128 bit per alamat dan menyediakan lebih dari 340 undecillion alamat unik. Ini direpresentasikan sebagai delapan kelompok, dipisahkan oleh titik dua, dari empat digit heksadesimal. Representasi penuh dapat disederhanakan dengan beberapa metode notasi.

    Misalnya: 2001:0db8:0000:0000:0000:8a2e:0370:7334 menjadi 2001:db8::8a2e:370:7334.

Apa itu IP Address Lookup?

Pencarian alamat IP menentukan posisi geografis atau lokasi alamat IP mana pun. Pencarian atau pencarian hanya akan mengungkapkan informasi penting-kota, negara bagian/wilayah, kode pos/pos, nama negara, ISP, dan zona waktu.

Biasanya, pencarian alamat IP menggunakan router internet dilakukan dengan menggunakan kombinasi prosesor jaringan, perangkat lunak, atau memori. Dalam pikiran, basis data perutean atau penerusan biasanya disimpan, dan algoritme pencarian berjalan pada prosesor jaringan.

Metrik kinerja untuk algoritma pencarian alamat IP dapat dikategorikan ke dalam:

  • Waktu pencarian – Ini menunjukkan berapa banyak waktu atau berapa banyak akses memori yang Anda perlukan untuk melakukan pencarian.
  • Perbarui waktu-Setiap kali ada perubahan dalam meneruskan database, itu berarti waktu yang dibutuhkan untuk memperbarui entri tabel penerusan.

Platform yang ideal untuk melakukan pencarian IP penuh adalah Unix dan Linux, karena platform ini memberi kami sejumlah alat, dan tindakan yang dapat dicapai.

5 Cara Untuk Melakukan Pencarian atau Melihat IP Address

Cara mendasar untuk mencari alamat IP di jaringan adalah pemindaian jaringan manual-untuk memindai jaringan sendiri menggunakan kemampuan sistem operasi asli. Dan cara dasar untuk menjaga keamanan koneksi Anda adalah dengan menggunakan 10.0.0.1 Panduan Login Router, Nama Pengguna & Kata Sandi. Metode paling populer yang digunakan untuk melakukan pencarian alamat IP menggunakan alat pencarian alamat IP di sistem operasi windows modern adalah:

1. PING

Alat atau perintah ini memungkinkan Anda mengirim sinyal ke perangkat lain di Jaringan untuk melihat apakah perangkat itu aktif. Fungsinya adalah mengirim paket melalui Jaringan ke nama host atau alamat IP tertentu, dan jika perangkat lain aktif, ia merespons dengan paket yang sama. Ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan oleh paket dari satu host internet ke host lainnya.

Contoh penggunaan:

  • Buka CMD dari Windows Start Menu
  • Lalu ketik "ping 192.168.1.1" dan tekan enter
  • Atau juga bisa ping dengan URL, dengan cara ketik "ping google.com" lalu tekan enter

2. TRACERT

Perintah ini memungkinkan kita untuk melihat rute langkah demi langkah yang diambil paket ke tujuan yang disebutkan. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan tepat bagaimana transmisi data (seperti pencarian Google) berpindah dari satu server ke server lainnya.

Contoh penggunaan:

  • Buka CMD dari Windows Start Menu
  • Lalu ketik "tracert google.com" dan tekan enter

3. IPCONFIG

Perintah IPCONFIG adalah alat yang ada di mana-mana dan berguna. Ini menampilkan semua konfigurasi IP saat ini. Ini memberi Anda informasi yang diperlukan untuk memungkinkan Anda mendapatkan alamat IP Anda, alamat IP router Anda, alamat IP server DNS, dll.

Contoh penggunaan:

  • Buka CMD dari Windows Start Menu
  • Lalu ketik "ipconfig" dan tekan enter. 
  • Atau untuk melihat semua interface yang ada, ketik "ipconfig/all" dan tekan enter.

4. NSLOOKUP

Perintah ini akan mengumpulkan catatan DNS (Domain Name System) untuk alamat IP tertentu atau Nama Domain. Perintah NSLOOKUP memungkinkan kita menanyakan catatan DNS untuk mengumpulkan informasi. Dengan kata lain, ini memungkinkan pengguna komputer untuk memasukkan nama host (Misalnya google.com) dan mencari tahu alamat IP atau catatan Sistem Nama Domain yang sesuai.

Contoh penggunaan:

  • Buka CMD dari Windows Start Menu
  • Lalu ketik "nslookup google.com" dan tekan enter

5. DIG

Domain Information Groper atau DIG membantu dengan informasi yang dikelola oleh server nama. Informasi yang diberikannya bergantung pada serangkaian opsi yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan outputnya dengan kebutuhan Anda. Ini dapat memberi Anda sebagian besar informasi atau informasi mendadak yang mengejutkan.

Contoh penggunaan:

  • Buka CMD dari Windows Start Menu
  • Lalu ketik "dig google.com" dan tekan enter

Kecuali ditentukan lain, perintah dig menampilkan record “A” secara default.

Previous Post Next Post