Script PHP - Mengecek Bilangan Prima

DailyBlog.id - Pada kesempatan kali ini saya membagikan tutorial kepada kalian semua mengenai cara mengecek atau menetukan suatu bilangan, apakah bilangan tersebut merupakan bilangan prima atau bukan. Bilangan prima sendiri merupakan bilangan yang hanya memiliki 2 faktor yaitu adalah bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Artinya, bilangan prima hanya habis dibagi dengan bilangan 1 atau dengan bilangan itu sendiri. Dalam matematika pasti kalian sudah pernah dengar yang namanya bilangan prima, mungkin saja kalian sudah lupa dengan bilangan-bilangan prima tersebut. Maka dikesempatan kali ini saya membagikan script php yang bisa menentukan suatu bilangan prima. Caranya sangat mudah, kalian bisa tinggal copas script dibawah ini untuk memulainya:

<?php

$angka = 17;
$hasil = true;
for ($i = 2; $i < $angka; $i++)
{
    if ($angka % $i == 0)
        $hasil = false;
}
echo 'Angka <b>'.$angka.'</b><br/>';
echo $hasil ? 'Termasuk bilangan prima' : 'Bukan bilangan prima';

?>


Disini kalian bisa mengganti angka 17 dengan angka lainnya, tapi yang saya gunakan pada script php diatas menggunakan angka 17, dan dimana angka tersebut membuktikan bahwa merupakan bilangan prima. Kalian bisa lihat gambar dibawah ini yang merupakan hasil dari script php di atas.



Script PHP - Mengecek Bilangan Prima


Dan gambar yang ke-2 di bawah ini, saya coba ganti var $angka dengan angka 6, maka ketika dijalankan akan menghasilkan hasil seperti di gambar bawah ini:


Script PHP - Mengecek Bilangan Prima


Nah sudah menunjukan bahwa angka 17 merupakan bilangan prima, dan angka 6 merupakan bukan bilangan prima. Mungkin itu saja artikel tutorial dari saya mengenai script php untuk mengecek bilangan prima atau bukan. Semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, dan jika saya ada salah kata atau kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.


Selamat mencoba!

Previous Post Next Post