Mengenal Web Server, Jenis, dan Apa Fungsinya?

DailyBlog.id - Di era saat ini pasti kebanyakan orang-orang telah menggunakan internet untuk sumber pencarian, informasi, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi internet yang terus berkembang dan digunakan oleh orang-orang, kita dapat mencari apapun melalui internet dengan membuka browser dari device yang kita gunakan lalu mengunjungi website atau blog yang ingin kita kunjungi. Namun tahu kah, bahwa website atau blog yang kalian kunjungi itu asalnya dari web server yang telah dikonfigurasi agar bisa diakses secara publik oleh kalian. Nah bagi kalian yang belum tau mengenai web sJerver, kalian bisa membaca pada artikel bagian bawah ini yang akan membahas mengenai web server dan fungsinya itu apa?. Mari saya akan memberitahu pada kalian semua.


Mengenal Web Server, Jenis, dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Web Server?

Web Server merupakan perangkat lunak dalam server yang memilik fungsi untuk menerima sebuah permintaan (request), dalam bentuk berupa halaman sebuah website melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang sering kita kenal yaitu browser web dan kemudian web server akan mengirimkan kembali atau merespon dalam bentuk halaman-halaman website dalam bentuk sebuah HTML atau lainnya.

Fungsi Web Server

Fungsi web server sendiri bisa dikatakan bahwa web server itu digunakan untuk melakukan atau mentransfer permintaan pengguna yang telah diminta atau ditentukan sedemikian rupa. Biasanya web server sendiri akan dimintai berupa berkas teks, gambar, media, dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis Web Server

  • Apache
    Web server satu ini merupakan web server yang paling banyak digunakan dan termasuk web server yang paling populer. Web server apache ini juga memiliki beberapa program pendukung seperti PHP, SSI dan Kontrol akses.

  • Nginx
    Bisa dibilang bahwa web server nginx ini salah satu pesaing dari web server Apache. Nginx sendiri dikenal sebagai web server yang dapat mampu melayani segala macam permintaan, seperti request dengan tingkat kepadatan lalu lintas trafik yang padat. Dan Nginx unggul dalam segi kualitas, kecepatan, dan performanya.

  • IIS
    Web Server IIS (Internet Information Service) merupakan web server yang bekerja pada jenis protokol seperti DNS, TCP/IP, atau beragam software lainnya yang berguna untuk merangkai sebuah situs.

  • Lighttpd
    Web server yang satu ini memiliki beberapa keunggulan berdasarkan fitur tambahan yang tersedia. Seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing. Jika kamu menggunakan web server Lighttpd, kamu akan merasakan performa yang lebih cepat dan efektif.

Nah itu dia web server, apa kalian sudah mulai jelas dengan artikel yang sudah saya berikan ini? Jika belum, kalian bisa tanyakan melalui kolom komentar. Di baliknya website atau blog yang sudah kalian buka menggunakan browser disitu pasti ada web server yang sedang running dan telah dikonfigurasi agar dapat diakses melalui internet atau secara online.

Mungkin itu saja artikel yang sudah saya berikan, semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika saya ada salah kata atau salah dalam pengetikkan, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Sumber referensi

Previous Post Next Post