Website Kamu Harus Memenuhi 3 Faktor Utama SEO Google Agar Bisa Peringkat 1

DailyBlog.id - Pasti kalian semua ingin memiliki website yang tiap harinya banyak pengunjung lalu tentu saja kalian juga menginginkan penghasilan dari website kamu itu kan? Tentu saja. Namun, disaat kamu sudah memiliki website atau pun blog dan kalian semua sudah menulis artikel atau halaman yang banyak, memverifikasi domain kamu di Google, submit sitemap di Google, dll... agar website atau blog kalian bisa peringkat 1 di Google? tentu saja itu tidak cukup. Sebenarnya ada banyak cara agar website atau blog kita menjadi peringkat 1 di Google, tapi menurut saya agak sulit dan harus bersabar serta tidak ada yang instan di dunia ini tentunya, dan kalian semua harus mempelajari mengenai apa itu SEO agar website kamu bisa menjadi peringkat 1 atau di halaman pertama Google tentunya. Nah, berikut ini artikel yang saya bagikan kepada kalian semua agar kalian semua bisa mempelajari 3 faktor utama SEO Google agar membantu website kalian bisa menjadi peringkat 1 atau di halaman pertama pada Google.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan beberapa cara atau langkah mengoptimasi untuk menaikkan posisi website atau blog ke halaman 1 pada Google dengan beberapa kata kunci yang sudah ditargetkan, dan bisa menaikkan trafik pada website atau blog kita.

Berikut ini 3 Faktor utama SEO Google

1. Faktor Internal

Merupakan faktor yang dapat mempengaruhi posisi pada sebuah website atau blog di hasil pencarian pada Google. Dan untuk kalian semua yang ingin melakukan optimasi pada website atau blog untuk SEO Google, kalian harus memahami beberapa hal berikut yang ada dibawah ini:

Website Authority

Website Authority atau yang biasanya dikenal dengan otoritas website, dikenal juga otoritas domain merupakan simbol atau tanda kekuatan pada sebuah website atau blog. Berdasarkan Ahrefs dapat diukur menggunakan Domain Rating, sedangkan untuk MOZ berdasarkan dengan Domain Authority. Untuk Website Authority ini memiliki nilai dari angka 1 hingga 100, dan semakin tinggi nilainya, akan semakin mudah untuk mendapatkan rangking pada sebuah kata kunci tertentu di halaman pertama Google.


Kalian juga bisa melihat gambar dibawah ini:

Website Kamu Harus Memenuhi 3 Faktor Utama SEO Google Agar Bisa Peringkat 1


Terlihat bahwa dari data yang sudah diterbitkan oleh Ahrefs sesuai gambar diatas, rata-rata web atau blog yang rangking 1 pada halaman Google adalah yang usianya lebih dari 1 tahun. Mengapa kok bisa seperti itu? dikarenakan web atau blog yang baru saja dibuat atau dibangun hanya memiliki domain rating sebesar 1 poin saja, sedangkan untuk rangking dengan kata kunci yang rendah saja itu harus memiliki domain rating sebesar 10 poin.

Berikut ini perhitungan Domain Rating (DR) yang diperlukan agar bisa rangking 1 di halaman Google:

a. DR 1 - 10
Cocok untuk SEO yang memiliki kata kunci persaingan yang rendah. Maksudnya yaitu kata kunci dengan persaingan rendah biasanya berupa long tail keywords yang terdiri dari 4 kata atau lebih dengan jumlah volume pencariannya per bulan hanya mencapai angka puluhan hingga ratusan di pencarian Google.

b. DR 10 - 30
Cocok untuk persaingan yang menengah. Maksudnya yaitu kata kunci dengan persaingan menengah biasanya berupa kata kunci yang terdiri dari 3 - 4 kata dengan jumlah volume pencariannya per bulan mencapai angka ratusan hingga ribuan di pencarian Google.

c. DR 30 - 70
Cocok untuk persaingan yang berat. Maksudnya yaitu kata kunci dengan persaingan berat biasanya berupa kata kunci yang terdiri dari 2 - 3 kata dengan jumlah volume pencariannya per bulan mencapai angka ribuan hingga jutaan di pencarian Google.

d. DR 70 - 100
Cocok untuk persaingan yang berat. Maksudnya yaitu kata kunci dengan persaingan sangat berat biasanya berupa kata kunci yang terdiri dari 1 - 3 kata dengan jumlah volume pencariannya per bulan mencapai angka lebih dari 1 juta di pencarian Google.

Durasi Domain atau Umur Domain

Biasanya disaat melakukan registrasi atau pendaftaran domain dalam jangkau waktu 1 tahun, dan yang memiliki domain tersebut akan memperpanjang di tahun - tahun berikutnya. Tapi kalian harus mengetahui, bahwa Google akan memberikan nilai lebih pada domain yang memiliki umur lebih dari 1 tahun. Dikarenakan Google menganggap bahwa pemilik dari domain tersebut, mengurus domainnya dengan sungguh-sungguh.


Seo On Page

Merupakan sebuah teknik optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Dapat diartikan bahwa SEO On Page merupakan langkah untuk optimasi meningkatkan kualitas pada konten website atau blog agar mudah dibaca dan dipahami bagi pembaca website atau blog tersebut.

Melakukan Update Konten

Dengan memperbarui konten lama atau menerbitkan konten baru di website atau blog kalian, tentu ini akan mempengaruhi rangking pada website atau blog kalian di Google. Semakin kita sering mengupdate atau menerbitkan sebuah konten pada website atau blog kita, maka akan cepat untuk masuk di halaman 1 pada Google. Dan sebaliknya, jika kita malas untuk mengupdate atau menerbitkan konten pada website atau blog kita, maka akan tenggelam juga website atau blog kita nantinya.

2. Faktor Eksternal

Selain ada Faktor Internal, ada juga yaitu Faktor Eksternal dimana faktor dari luar web yang dapat mempengaruhi dari sebuah website atau blog di hasil pencarian Google. Kalian bisa memahami beberapa hal berikut ini:

  • Adanya backlink dari website yang relevan dan berkualitas, dengan backlink yang berkualitas.. maka website atau blog kalian juga bisa tertular kualitasnya nantinya dan dapat menaikkan rangking pada website atau blog kalian di halaman 1 Google.

  • Melakukan share melalui sosial media supaya banyak orang yang dapat mengenal website atau blog kalian, dan dapat meningkatkan nilai trust Google pada website atau blog kalian.

  • Selain share melalui sosial media, kalian juga dapat mempromosikan website atau blog kalian melalui jaringan periklanan online. Dan dari situ juga dapat meningkatkan popularitas dan peluang untuk mendapatkan backlink dari website lainnya yang relevan dan berkualitas.

  • Dan masih banyak lagi ...

3. User Experience atau Kepuasan Pengunjung

Dengan kepuasan pengunjung website atau blog merupakan algoritma Google terhadap kualitas pada sebuah website. Dan berikut ini merupakan beberapa yang mempengaruhi kepuasan pengunjung atau User Experience:

  • Page Loading Speed
    Semakin cepat website atau blog yang dibuka, maka pengunjung akan merasakan kenyamanannya. Dikarenakan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses atau meload halaman pada website atau blog tersebut. Dan biasanya kecepatan yang ideal yaitu kurang dari 3 detik.

  • Mobile Friendly atau Ramah Seluler
    Pengguna internet tentu tidak hanya menggunakan laptop atau komputer, pastinya ada yang menggunakan smartphone, maka website atau blog kalian harus mobile friendly dan responsive.. agar mempermudah pengunjung untuk mengakses website atau blog kalian.

  • Menggunakan HTTPS pada URL Website atau Blog
    Menggunakan https pada URL website sangat diperlukan, dikarenakan data-data pengguna yang bersifat privasi akan dienkripsi secara aman dan terkendali. Dari situ nanti pengunjung akan mempercayai website atau blog kalian.

  • Menu - Menu Yang Enak Dilihat atau Rapi
    Kalian juga harus membuat menu - menu tepatnya navigasi pada website atau blog kalian, yang mudah tata letaknya atau rapi sehingga enak dilihat nantinya dan memberikan kesan kenyamanan pada pengunjung website atau blog kalian.

  • Hindari Iklan Pop-up Yang Menutupi Konten atau Halaman
    Tentunya disaat pengunjung yang ingin membaca konten pada website atau blog kita jika dipenuhi oleh iklan apalagi iklan popup yang kebanyakan menutupi konten, maka hal tersebut bisa membuat pengunjung menjadi tidak nyaman. Maka, carilah iklan yang tidak memunculkan popup yang menutupi konten kalian.

  • Dan masih banyak lagi ...

Jika kalian ingin agar website atau blog kalian peringkat 1 pada halaman Google, tentu kalian harus bersabar dan rajin-rajin lah mengupdate konten pada website atau blog kalian, agar Google bisa mempercayai website atau blog kalian. Dan pelajari mengenai SEO lainnya juga. Sebenarnya ada cara yang mudah dan cepat untuk menaikkan website atau blog kalian di halaman 1 Google, seperti menaikkan domain authority (DA), domain rating (DR), backlink pada website yang relevan dan berkualitas tinggi, dll. Namun itu harus memiliki modal yang cukup banyak dan dapat menguras isi dompet kalian. Jika kalian ingin cepat untuk menaikkan website atau blog kalian di halaman 1 Google, kalian bisa mencari jasa untuk SEO di Google, harganya sekitaran Rp75.000 hingga puluhan juta pun ada, itu tergantung paket yang ditawarkan. Tetapi kalau kalian tidak ingin menguras isi dompet kalian, maka kalian harus bersabar dan rajin lah mengupdate dan menambahkan artikel terbaru yang berkualitas seperti yang sudah saya bilang tadi.

Dan cukup sekian artikel dari saya mengenai 3 faktor utama SEO Google agar website kalian bisa peringkat 1, semoga yang membaca atau share artikel ini dapat bermanfaat buat sekarang dan kedepannya. Jika saya ada salah kata atau pengertian, mohon maaf. Sekian, dan terima kasih...

Previous Post Next Post