Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Pada Mikrotik Untuk Keamanan

DailyBlog.id - Siapa disini yang tidak menginginkan keamanan? pastinya kita semua ingin yang namanya keamanan untuk menjaga dari orang jahat yang ingin mengetahui data pribadi kita. Sama halnya kita akan belajar untuk bagaimana cara mengamankan mikrotik yang kita punya agar orang lain tidak bisa mengotak atik atau mengetahui isi dari mikrotik kita, dengan salah satu caranya yaitu kita akan mengubah port default yang digunakan pada mikrotik lebih tepatnya untuk login ke winboxnya. Tidak hanya port winbox, kalian juga bisa mengganti port seperti ssh, telnet, http, dll yang akan kalian gunakan pada mikrotik nantinya. Tapi disini kita akan mengubah port default (winbox) yang digunakan pada mikrotik. Dengan mengubah port pada mikrotik, orang lain yang ingin jahat kepada kita atau ingin usil pada kita akan sulit untuk login pada miktorik kita. Tidak mungkin orang tersebut, harus mencoba satu persatu port untuk login, dikarenakan port itu banyak jumlahnya. Dan jika memang niat orang itu untuk scan port, maka harus dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan port yang cocok untuk login. Perlu dingat juga, kalian tidak bisa sembarangan untuk mengubah port, dikarenakan port yang kalian pilih, bisa jadi digunakan oleh service atau layanan yang menggunakan port yang sama. Jadi kalian harus juga mempelajari mengenai port yang kosong atau tidak digunakan oleh layanan lainnya. Dan berikut ini cara merubah port default (winbox) yang digunakan pada mikrotik:

Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Pada Mikrotik Untuk Keamanan

1. Langkah pertama yaitu hubungkan mikrotik ke Laptop atau Komputer kalian menggunakan Winbox. Pilih mikrotik kalian yang akan digunakan dan dikonekkan, dan setelah itu klik tombol konek.

2. Lalu pada menu sebelah kiri, silahkan pilih menu IP -> Services

3. Setelah itu, pilih pada bagian winbox, lalu klik dua kali dan akan muncul tab baru. Dan silahkan ganti pada Port 8291, menjadi port 51291 (untuk port kalian bisa menentukan sendiri, dan jangan sembarangan memilih port). Setelah itu klik Apply -> Ok.


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Pada Mikrotik Untuk Keamanan (Gambar 1)


4. Jika sudah, kalian bisa coba disconnect. Lalu login kembali, untuk penulisan Connect To: gunakan format seperti ini IPADDRESS:PORT (contoh: 192.168.50.1:51291). Login serta Password, sesuai dengan mikrotik kalian.


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Pada Mikrotik Untuk Keamanan (Gambar 2)


5. Dan mikrotik berhasil Connect, dengan port yang sudah diganti.

Nah, gimana? cukup mudah kan untuk mengganti port default (winbox) yang digunakan mikrotik. Kalian juga bisa menerapkan pada port lainnya seperti http, ssh, telnet, dll. Dan perlu diingat, jangan asal pilih port, ditakutkan port yang kalian pilih, sudah digunakan oleh service atau layanan lainnya dan bisa menyebabkan masalah nantinya. Dengan mengubah port default pada mikrotik, sekarang mikrotik kalian sudah tidak bisa login dengan port default, dan tidak bisa diketahui oleh orang lain. Hanya kamu dan orang tertentu saja yang mengetahui portnya.

Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sapa saja, dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, mohon maaf. Dan sekian, terima kasih...

Selamat mencoba!

Previous Post Next Post