Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer

Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 7)


DailyBlog.id - Halo sobat semuanya.. Pernah kah kalian merasa jengkel ketika menggunakan kamera laptop saat ingin foto ataupun streaming. Ya itu yang saya rasakan juga seperti ketika menggunakan kamera laptop saat ingin foto ataupun streaming, dikarenakan hasil dari kamera laptop yang kurang puas, atau bahasa engga enaknya yaitu "jelek atau buriq".. udah muka jelek, ditambah kamera jelek.. kan tersinggung saya, wkwkwk. Oke lanjut, ntah kenapa kualitas kamera dari laptop tidak seindah dari kualitas kamera dari hp, saya pun juga tidak tau mengapa hal tersebut bisa terjadi, mungkin kalau kamera laptop dibuat jernih dan bersih seperti kamera hp, harganya akan menjadi mahal. Ya tentu, dimana ada barang yang bagus, tentu saja harganya juga akan naik. Untuk menghilangkan rasa jengkel saya saat menggunakan kamera laptop yang dibilang kurang puas saat digunakan foto atau streaming, disini saya ingin membagikan tutorial pada kalian semua bagaimana caranya menjadikan kamera hp sebagai webcam laptop atau komputer, dan buat kalian yang ingin recording juga bisa disambungkan ke OBS Studio. Cara yang satu ini bisa digunakan di laptop ataupun komputer, tinggal pilih yang mana yang kalian punya dan mana yang ingin digunakan. Nah, ingin tau caranya? mari kita pelajari bersama.

Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam Di Laptop / Komputer

Untuk Bagian HP

1. Kalian harus download terlebih dahulu DroidCam di Google Playstore.

2. Jika sudah mendownload, install terlebih dahulu aplikasi tersebut.

3. Nah, jika sudah menginstall. Kalian bisa membuka aplikasi tersebut (Kalian harus menyambungkan Wifi jika ingin mengkoneksikan pada DroidCam menggunakan Wifi, atau kalian bisa menggunakan juga kabel USB).

4. Nah, jika saat kalian masuk ke DroidCam nya, nanti kalian akan diberi tau rincian untuk mengkoneksikan ke DroidCam yang ada di laptop / komputer. Nanti akan seperti ini detailnya:


Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 1)


5. Di bagian atas, terdapat icon switch kamera. Kalian bisa mengganti kamera terlebih dahulu yang ingin dikoneksikan ke DroidCam Laptop / Komputer, ingin menggunakan kamera bagian depan atau belakang. Dan jika semua sudah selesai pada bagian DroidCam HP, sekarang kalian pergi ke tutorial DroidCam Laptop / Komputer.

Untuk bagian Laptop / Komputer

Menghubungkan Menggunakan Wifi

1. Langkah awal yang harus kalian lakukan yaitu, kalian harus mendownload terlebih dahulu software yang namanya DroidCam. Kalian bisa mendonlotnya melalui link berikut ini -> Download DroidCam.

2. Jika sudah mendownload, langkah berikutnya tinggal install seperti biasa. Tinggal next" saja, kalau ingin cepat dan ga pakai lama.

3. Dan langkah selanjutnya kalian buka DroidCam nya, yang abis diinstall tadi. Nanti softwarenya akan seperti ini:


Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 2)


Disini kalian bisa menggunakan Wifi sebagai penghubungnya, ataupun menggunakan kabel USB. Tapi selama pengalaman saya, saya sarankan menggunakan kabel USB saja, jika menggunakan Wifi, hasil yang dihasilkan jadinya nanti patah" atau lag.

4. Nah, disitu terdapat form Device IP, kalian masukkan tuh sesuai dengan rincian yang sudah diberikan saat di HP tadi (untuk Device IPnya).



Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 3)


5. Setelah itu klik Start, nanti akan keluar hasil dari kamera hp kalian ke tampilan DroidCamnya.

Menghubungkan Menggunakan Kabel USB

1. Untuk tahap ini, hp kalian harus mengubahnya ke mode Pengembang. Dan untuk kalian pengguna HP Samsung dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengaktifkan mode pengembang:

  • Masuk ke Pengaturan lalu klik pada bagian Tentang Ponsel.
  • Jika sudah, klik dan pilih pada menu bagian Informasi perangkat Lunak.
  • Nah, nanti kalian cari yang namanya Nomor Versi, nah disitu kalian klik berulang kali, hingga mengaktifkan ke mode pengembang.
  • Tahap selanjutnya, cari yang namanya Debugging USB, setelah itu aktifkan.
  • Jika sudah, kalian bisa lanjut ke DroidCam Laptop / Komputer.

2. Jika sudah mengaktifkan mode pengembang dan debugging usbnya, lalu buka DroidCam pada laptop / komputer kalian. Dan pilih bagian koneksi menggunakan kabel USB.

3. Nah, disitu nanti akan keluar daftar nama HP kalian yang akan dikoneksikan ke DroidCamnya (jika belum, silahkan refresh dengan klik icon refresh), nanti hasilnya akan seperti ini:


Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 4)


4. Jika sudah, klik Start. Nah, nanti tampilannya akan seperti ini jika pas dihubungkan / dikoneksikan:



Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 5)


5. Jika tampilan DroidCam nya yang ada di laptop / komputer seperti gambar diatas, maka kalian sudah berhasil mengkoneksikan kamera HP ke laptop / komputer kalian.

Lalu, gimana cara mengkoneksikan ke OBS Studio, nah caranya berikut ini:

Cara agar kamera HP menjadi WebCam di OBS Studio

1. Kalian download OBS Studio jika belum punya, lalu install terlebih dahulu.

2. Dan jika sudah terinstall, langkah selanjutya buka OBS Studionya.

3. Dan jika sudah terbuka, kalian bisa menambahkan pada bagian Sourcesnya dengan klik +, setelah itu pilih pada bagian Video Capture Device, dan kalian bisa menambahkan nama sesuai keinginan kalian.

4. Jika sudah menambahkan, lalu ubah pengaturan pada bagian Device. lalu pilih yang namanya DroidCam Source 2 (sesuai yang ada di OBS kalian), setelah itu klik OK.


Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 6)


5. Dan jika berhasil, tampilannya yang dihasilkan akan seperti ini:


Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai WebCam Di Laptop atau Komputer (Gambar 7)


Nah, gimana? mudahkan caranya. Dan kalian juga bisa mengkoneksikan ke Zoom, dan biasanya saat menggunakan Zoom, kameranya sudah otomatis terdeteksi oleh Zoomnya. Dan untuk hasil WebCam dari kamera HP di Zoom, hasilnya akan seperti ini:




Terlihat jelas perbedaan dari kamera laptop dengan kamera hp yang disambungkan ke laptop / komputer untuk dijadikan WebCam, jernih banget dibandingkan menggunakan kamera laptop, dari situ rasa jengkel saya sudah terhilangkan hanya dengan memanfaatkan kamera hp yang dijadikan WebCam, tanpa harus membeli baru WebCam (untuk yang belum punya duit, hehehe), sangat mudah sekali caranya. Dan mungkin tutorial ini sangat cocok jika kalian ingin menggunakan kamera yang jernih saat presentasi atau skripsi onlen, biar kelihatan bagus di layar laptop / komputer dari dosen, guru, atau teman kalian.

Mungkin sampai disini artikel tutorial yang dapat saya berikan, dan semoga artikel tutorial yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah meluangkan waktu untuk membaca dan mencoba artikel yang sudah saya berikan ini. Dan seperti biasanya, saya ucapkan sekian dan terima kasih.

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post