Cara Mengaktifkan HTTP/2 Di VestaCP - Wajib Menggunakannya!

Cara Mengaktifkan HTTP/2 Di VestaCP

DailyBlog.id - Hai Semuanya! Apakah kalian sudah pada tau mengenai HTTP/2?, pada kesempatan kali ini saya akan memberitau pada kalian semua yang masih belum mengenal HTTP/2, apakah disarankan untuk website? menurut saya YA!.. dikarenakan akan mempercepat website saat diload, lebih simple, dll deh pokoknya. Nah disini saya akan membahas sedikit mengenai HTTP/2, karna di postingan ini lebih menuju ke konfigurasi pada VestaCP. Oke, mari kita mengenal sekilas mengenai HTTP/2.

Apa Itu HTTP/2?

HTTP/2 merupakan sebuah protokol web yang generasinya baru dan telah diresmikan standardnya oleh IETF. Dimana tujuannya HTTP/2 ini dibuat atau dirancang untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada HTTP/1. Dan akan membantu untuk mempercepat website saat diload nantinya dan yang pasti akan jauh lebih aman.

Nah, jika sudah mengetahui mengenai HTTP/2, disini kita akan belajar cara mengkonfigurasi HTTP/2 pada VestaCP, dan artikel yang saya berikan ini sangat cocok bagi kalian yang menggunakan VestaCP. Dan mari, saya akan membagikan tutorialnya kepada kalian semua, berikut ini caranya.. Sangat mudah sekali!.

Cara Mengaktifkan HTTP/2 Di VestaCP

1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu, hubungkan pada server kalian, kalian bisa menggunakan putty atau lainnya. Akses SSH menggunakan akun root, dan pastikan kalian sudah menginstall VestaCP.

Jika sudah mengakses pada server yang kalian gunakan. Masuk ke direktori web template pada vesta. Dengan cara:


cd /usr/local/vesta/data/templates/web/nginx


2. Jika sudah, lalu chmod 755 pada file http2.tpl dan http2.stpl

chmod 755 http2.tpl
chmod 755 http2.stpl


3. Dan tahap yang terakhir yaitu, buka VestaCP kalian. Masuk sebagai Admin, lalu pergi pada website yang ingin diaktifkan HTTP/2 nya, pilih websitenya lalu edit. Dan ubah proxy template menjadi http2.


Cara Mengaktifkan HTTP/2 Di VestaCP (Gambar 1)

4. Jika sudah, kalian bisa mencoba untuk cek atau testing.. apakah HTTP/2 yang kalian pasang, sudah aktif atau tidak. Kalian bisa cek melalui link berikut ini:

https://tools.keycdn.com/http2-test


Nah gimana? sangat mudah kan untuk mengaktifkan HTTP/2 di VestaCP. Dan kalian coba untuk membuka website kalian.. dan perbandingannya sudah kelihatan. Dan untuk HTTP/2 ini, juga disarankan oleh Google PageSpeed untuk menggunakan HTTP/2 saat kalian tes kecepatan pada blog / website kalian tersebut. Dan seperti biasa semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang mencoba atau pun membacanya. Sekian, dan terima kasih!.


Selamat Mencoba.

Previous Post Next Post