Cara Membuat Read More atau Baca Selengkapnya Menggunakan Script PHP

DailyBlog.id - Sudah lama saya tidak memposting pemrograman dan untuk artikel kali ini saya akan mengajarkan pada kalian semua untuk membuat tombol read more atau baca selengkapnya menggunakan script php. Pada dasarnya tombol ini digunakan dimana ketika ada sebuah konten tulisan yang sudah panjang lalu dipotong atau dicut teksnya dan akan muncul tombol read more atau baca selengkapnya yang akan mengarah pada konten tulisan tersebut atau versi panjangnya. Tidak mungkinkan ketika ada konten tulisan yang sangat panjang sekali, lalu ditampilkan pada halaman yang sama. Ga kebayang jika konten tulisan tersebut ada 5 atau lebih, dan per konten itu teks nya membentuk sebuah paragraf yang cukup panjang. Kalau dilihat pada halaman sama nanti halaman tersebut akan scroll panjang sekali dan juga bisa memperlambat halaman tersebut ketika dibuka / diload nantinya.

Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, disini saya akan memberikan sebuah tutorial yang sesuai dengan judul artikel ini. Jadi nanti kalian bisa membuat sebuah tombol read more atau baca selengkapnya menggunakan script php. Dan disini kalian tinggal copas saja script yang ada di bawah nanti. Nah, ingin tau gimana caranya? langsung saja ke tutorialnya.
 

Cara Membuat Read More atau Baca Selengkapnya Menggunakan Script PHP

  1. Langkah pertama, kalian bisa menggunakan Xampp atau yang sejenisnya untuk tempat mencoba. atau kalian juga bisa mencobanya secara langsung di website kalian. Jika kalian menggunakan Xampp atau sejenisnya pastikan sudah aktif, untuk apachenya.
     
  2. Jika sudah, kalian bisa membuat file baru dengan nama baca_selengkapnya.php , pastikan ekstensinya yaitu .php. Jika sudah membuat filenya, kalian bisa copas script php yang sudah saya buat dibawah ini:
    <?php
    
    function bacaSelengkapnya($konten, $panjang = 150, $link = '')
    {
        $konten = strip_tags($konten);
        if (strlen($konten) > $panjang)
        {
            $potongkonten   = substr($konten, 0, $panjang);
            $akhirspasi     = strrpos($potongkonten, ' ');
            $readmore       = (!empty($link) ? '[<a href="'.$link.'">Baca Selengkapnya</a>]' : '');
            $konten         = $akhirspasi ? substr($potongkonten, 0, $akhirspasi) : substr($potongkonten, 0);
            $konten        .= ' ... '.$readmore;
        }
    
        return $konten;
    }
    
    $konten = 'Di zaman sekarang, tampaknya semua sudah bisa dilakukan hanya dengan membuka handphone dan bermodalkan koneksi internet saja,tak terkecuali dalam mentransfer uang. Jika zaman dahulu kamu harus pergi ke bank untuk mentransfer uang ke orang lain, saat ini kamu hanya perlu mentransfer uang melalui handphone. Sebab, saat ini hampir semua bank menggunakan layanan internet banking, termasuk BRI.';
    
    echo bacaSelengkapnya($konten, 300, '/lanjut_baca.php');
    
    ?>

    Script diatas bisa kalian ubah untuk panjang maks yang dibuat batas tulisan yang akan dipotong, secara default dari script diatas panjang maks dari batas tulisan yang akan dipotong adalah 150 dan jika semisalnya diisi 300, maka jika panjang teks dari konten sudah melebihi dari 300 maka konten tersebut akan di cut atau dipotong teksnya. Dan untuk /lanjut_baca.php itu akan mengarah ke halaman versi lengkap atau panjangnya dari isi konten tulisan tersebut. Jika kalian tidak mengisi /lanjut_baca.php, maka tidak akan tampil untuk tulisan Read Morenya, dan hanya berisi "..."  saja.
     
  3. Jika sudah semuanya, kalian bisa membuka URL http://urlkalian/baca_selengkapnya.php (contoh saja) . Dan hasilnya akan seperti ini:

    Menggunakan Link Read More
    Hasil dari script yang diatas untuk konten yang terdapat read more atau baca selengkapnya

     

    Tanpa Menggunakan Read More
    Dari script diatas, kalian bisa ubah pada bagian bacaSelengkapnya($konten, 300, '/lanjut_baca.php'); menjadi bacaSelengkapnya($konten, 300); dan hasilnya akan seperti dibawah ini:
     


  4. Kalian bisa menerapkannya tanpa menggunakan readmore atau pun menggunakannya. Dan kalian juga bisa mengatur panjang konten yang ingin kalian gunakan.
     


Nah gimana? cukup mudah kan. Cukup mudah tentunya. Dan kalian bisa menerapkan script diatas untuk konten yang memiliki teks yang berubah paragraf panjang, biasanya sih posting atau artikel, status, deskripsi, dll. Script php diatas juga sudah menggunakan fungsi yang akan membantu kalian dalam menerapkan read more atau baca selengkapnya di halaman mana aja, tinggal panggil dan gunakan fungsi tersebut lalu read morenya akan keluar secara otomatis tanpa harus membuatnya secara manual.

Mungkin sampai disini artikel dari saya yang sudah saya bagikan, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, saya mohon maaf. Sekian, dan terima kasih.  

Selamat Mencoba!
Previous Post Next Post