Cara Membuat Kata Acak Menggunakan Script PHP

Cara Membuat Kata Acak Menggunakan Script PHP

DailyBlog.id - Dalam suatu projek pasti kita ada yang namanya membuat kata acak yang akan digunakan di projek tersebut, salah satunya disaat kita membuat captcha menggunakan script php dimana captcha tersebut ingin menampilkan kata-kata tertentu lalu diacak. Nah dalam kasus ini, saya akan membagikan artikel tutorial kepada kalian semua mengenai bagaimana cara membuat kata acak menggunakan script php. Caranya cukup mudah kok, kalian tidak perlu membuat scriptnya hingga ratusan atau ribuan baris, dikarenakan scriptnya sangat simpel dan sederhana, nah jika kalian ingin mengetahui caranya, kalian bisa mengikuti cara yang ada dibawah ini.

Cara Membuat Kata Acak Menggunakan Script PHP

  1. Langkah pertama, kalian bisa menggunakan Xampp atau yang sejenisnya untuk tempat mencoba. atau kalian juga bisa mencobanya secara langsung di website kalian. Jika kalian menggunakan Xampp atau sejenisnya pastikan sudah aktif, untuk apachenya.
     
  2. Jika sudah, kalian bisa membuat file baru dengan nama coba_kataacak.php , pastikan ekstensinya yaitu .php. Jika sudah membuat filenya, kalian bisa copas script php yang sudah saya buat dibawah ini:

     
    <?php
    
    function kataAcak()
    {
        $kataacak = 
        [
            'acak 1',
            'acak 2',
            'acak 3'
        ];
    
        return $kataacak[mt_rand(0, count($kataacak) - 1)];
    }
    
    echo kataAcak();
    
    ?>

    Sangat simpel kan scriptnya? kalian bisa menambahkan juga atau mengganti kata acak yang terdapat pada array kataacak tersebut.
     
  3. Jika sudah semuanya, kalian bisa membuka URL http://urlkalian/coba_kataacak.php (contoh saja) . Dan untuk hasilnya, kalian bisa mencoba untuk merefresh atau muat ulang halaman kalian. Nantinya, kata yang ditampilkan akan random atau terus mengacak. Nah, dari sini kalian bisa gunakan kata acak tersebut untuk salah satu prjeknya yaitu membuat captcha.

    Sangat mudah kan? tentu sasja, kalian bisa menggunakan fungsi tersebut dimana aja, lalu tinggal kalian panggil fungsi tersebut.
     

Mungkin sampai disini artikel dari saya yang sudah saya bagikan, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, saya mohon maaf. Sekian, dan terima kasih.  


Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post