Cara Membuat Highlight Pencarian Kata Menggunakan Script PHP

Cara Membuat Highlight Pencarian Kata Menggunakan Script PHP

DailyBlog.id - Pernah kah kalian mencari sesuatu di Google dengan menggunakan kata-kata tertentu, lalu pada halaman pencarian di Google, hasil yang sama dengan kata-kata yang kalian ketik itu bermotif bold atau kata nya menjadi teks bold. Nah, dengan itu tentunya kita dipermudah oleh Google untuk mencari kata yang kita inginkan. Dan pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial pada kalian semua, untuk membuat highlight pencarian kata menggunakan script php yang seperti dihalaman hasil pencarian Google tentunya, ya meskipun tidak 100% sama, setidaknya hasil katanya yang sama akan dibold ketika melakukan pencarian kata. Jika kalian sudah penasaran dengan caranya, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Membuat Highlight Pencarian Kata Menggunakan Script PHP

1. Langkah pertama, kalian bisa menyiapkan seperti xampp atau web server lainnya (aktifkan apache2nya) untuk melakukan percobaan. atau kalian bisa menggunakan server kalian secara langsung.

2. Jika sudah, kalian bisa membuat file baru dengan nama cari_kata.php (contoh saja). Lalu copy script yang ada dibawah ini, dan pastekan di file tersebut. Dan jangan lupa untuk disimpan.


<?php

function highlightCariKata($teks, $cari)
{
    preg_match_all('~\w+~', $cari, $m);
    return ($m ? preg_replace('/'.implode('|', $m[0]).'/i', '<b>$0</b>', $teks) : $teks);
}

$teks = 'Kumpulan berbagai macam artikel mengenai DuniaIT, Tutorial, Tips dan Trik, Web, Android, dan Jaringan.';
$cari = 'Berbagai dunia IT ai Web';

echo highlightCariKata($teks, $cari);

?>


Dari script diatas, menggunakan fungsi untuk mempermudah kita dalam penggunaan. Dan menggunakan regex untuk mendeteksi kata-kata dari pencarian. Replace kata-kata pencarian itu menjadi bold, dengan menggunakan regex yang berisikan kata dari pencarian yang ada. Dan regex replace tersebut bisa digunakan untuk huruf kecil atau besar pada teks orinya, jadi tidak akan mempengaruhi dari teks orinya.

3. Jika sudah, kalian bisa membuka file tersebut sesuai dengan url yang kalian gunakan. Kebetulan url yang saya gunakan yaitu http://localhost/cari_kata.php .

4. Dan hasil ketika dibuka halamanya, maka teks yang sesuai dengan kata pencarian.. akan menjadi bold nantinya.

Cara Membuat Highlight Pencarian Kata Menggunakan Script PHP (hasil)


5. Nah, kalian bisa mengganti bold itu sesuai dengan selera kalian. atau kalian bisa mengganti bold itu menjadi seperti stabilo. Ubah script diatas pada bagian <b>$0</b> menjadi <span style="background:#78cc66;">$0</span>

Begitulah cara membuat highlight pencarian kata menggunakan script php, sangat mudah kan? tentu saja. Kalian bisa menggunakan fungsi php tersebut dimana saja nantinya, agar mempermudah kalain dalam penggunaan highlight pencarian kata. Dan sangat cocok digunakan untuk projek yang terdapat fitur pencariannya. Kalian juga bisa mengganti motif bold dengan sesuai selera kalian, seperti yang sudah saya contohkan tadi. Mungkin sampai disini saja, artikel tutorial dari saya. Semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, mohon maaf. Sekian dan terima kasih ...

Selamat mencoba!

Previous Post Next Post