Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik

DailyBlog.id - Mikrotik memiliki banyak fitur yang ditawarkan kepada kita dan apakah kalian tau bahwa kita juga bisa mengkonfigurasikan hotspot pada Mikrotik yang kita punya, dimana kita bisa mengkonfigurasikan wireless pada mikrotik kita agar bisa dipasangkan sebuah hotspot dan user yang terhubung pada wireless kita akan login menggunakan user dan password yang sudah dibuatkan ke hotspot nantinya. Tapi tidak wireless saja yang bisa dikonfigurasi hotspot, kalian juga bisa mengkonfigurasi jaringan kabel untuk hotspot ini. Dan jika kalian tau, bahwa kelebihan dari mengkonfigurasi hotspot pada mikrotik ini kalian bisa membatasi bandwidth per usernya. Jadinya jika seorang administrator jaringannya adalah kalian, lalu ada saudara atau teman atau keluarga... kalian bisa memberikan bandwidth yang sesuai kepada mereka, dan kelebihan lainnya kalian juga dapat untuk mengatur konten apa saja yang boleh diakses oleh user nantinya, dll. Nah, jika kalian sudah penasaran untuk mengkonfigurasinya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini, tapi ada alangkah baiknya kalian membaca artikel Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik terlebih dahulu, dikarenakan artikel ini ada kaitannya dengan artikel tersebut. Jika kalian tidak membacanya, nanti kalian bisa kebingungan. Yang sudah membaca atau sambil membuka artikel tersebut, kalian bisa melanjutkan dengan langkah-langkah yang ada dibawah ini:

Cara Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik

1. Langkah pertama yaitu hubungkan mikrotik ke Laptop atau Komputer kalian menggunakan Winbox. Pilih mikrotik kalian yang akan digunakan dan dikonekkan, dan setelah itu klik tombol konek.

2. Jika sudah, kalian bisa membuka menu IP -> Hotspot


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 1)


3. Setelah itu kalian bisa menuju pada tab yang bernama Servers setelah itu klik pada bagian menu Hotspot Setup


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 2)


4. Dikarenakan kita akan mengkonfigurasi hotspot pada wireless, maka pilih interfacenya yaitu wlan1. Setelah itu klik next.


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 3)


5. Nah pada tahap yang ada dibawah ini, jika kalian sudah membaca artikel yang saya saran kan diatas, maka kalian akan mengetahui asal Network Local Address yang ada dibawah ini, dari mana. Jika sudah, klik next


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 4)


6. Untuk tahap ini, kalian bisa mengubah range yang akan digunakan nantinya. Jika tidak ingin mengubahnya juga gak apa. Setelah itu klik next saja hingga pada bagian tahap ke 7 dibawah ini.


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 5)


7. Untuk bagian DNS Servers, kalian bisa mengisinya dengan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 . Setelah itu klik next


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 6)


8. Dan untuk bagian dibawah ini, merupakan bagian alamat login dari hotspot. Jika ada user yang konek ke hotspot, maka harus login terlebih dahulu melalui alamat login hotspot yang sudah ditentukan. Semisal disini saya menggunakan hotspot.mendatar.com . Setelah itu klik next


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 7)


9. Tahap selanjutnya akan menambahkan user pertama pada hotspot, sebagai contohnya user admin dan katasandinya admin. Setelah itu klik next


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 8)


10. Tahap selanjutnya akan menambahkan User Profiles, ditahap ini bisa mengatur bandwidth yang akan digunakan oleh user nantinya.

11. Kalian bisa menuju tab yang bernama User Profiles, lalu klik (+) untuk menambahkan.


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 9)


12. Dan disini saya akan menambahkan User Profiles untuk keluarga dan teman, dengan aturan seperti dibawah ini:


Untuk Keluarga


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 10)


Untuk bagian Name itu kalian bisa menamai terserah, itu hanya digunakan untuk penamaan User Profile aja, dan untuk Shared Users itu nantinya akan berapa banyak yang terhubung ke User Profiles keluarga, dan biasanya untuk keluarga bisa diisi dengan angka 4. Dan untuk bagian Rate Limit itu bagian mengatur bandwidth yang akan digunakan oleh user (keluarga) yang tersambung dengan hotspot nantinya. Dan kalian bisa mengisi dengan sesuka hati kalian, tanpa harus mengikuti sesuai dengan gambar diatas. Setelah itu klik Apply -> Ok.

Setelah itu kalian klik (+) untuk menambahkannya lagi, yaitu user profiles teman

Untuk Teman

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 11)


Seperti User Profiles (keluarga) kalian bisa mengubah sesuai dengan sesuka hati kalian, tanpa harus sama seperti gambar diatas ini. Dan setelah itu klik Apply -> Ok.

13. Jika sudah, tahap selanjutnya akan menambahkan User serta katasandi yang akan digunakan untuk login pada hotspot nantinya. Kalian bisa menuju pada tab yang bernama Users.


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 12)


14. Klik (+) untuk menambahkan penggunanya, dan disini saya akan mencontohkan user untuk keluarga dan user untuk teman. Untuk menambahkannya, kalian harus memperhatikan benar" Profile yang akan digunakan dan yang sudah ditambahkan seperti tahap no 12. Dan untuk kata sandi bebas, sesuai dengan selera hati kalian.


Untuk Keluarga

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 13)


Setelah itu klik Apply -> Ok, lalu tambahkan untuk bagian User teman

Untuk Teman

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 14)


Setelah itu klik Apply -> Ok

15. Jika sudah, kalian login ke WiFi yang sudah dikonfigurasi hotspot ini. Dan untuk halaman loginnya akan sesuai dengan alamat login yang sudah ditentukan pada langkah ke no 8 diatas. Secara otomatis akan diarahkan pada alamat login saat konek ke WiFi nantinya.


Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 15)


Bisa kaliah lihat bahwa alamat login hotspot sesuai dengan yang sudah ditentukan tadi, dan pasti kalian bertanya. Mengapa halaman login hotspot berbeda tampilannya? Nah untuk mengubah tampilan halaman login pada hotspot kalian bisa membaca tutorialnya di artikel Cara Mengubah Tampilan Login Hotspot Pada Mikrotik biar tampilan loginnya bisa keren seperti gambar diatas...

16. Nah setelah itu kalian coba untuk login dengan user sesuai dengan user yang sudah ditambahkan tadi. Dan kalian jika sudah login ke hotspotnya, coba kalian untuk tes kecepatan internet yang diperoleh. Kalian bisa tes kecapatan yang diperoleh melalui website www.speedtest.net , maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Kecepatan Internet Hotspot Pada User

1. Untuk keluarga (user - ayah)

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 16)


2. Untuk teman (user - temanku)

Cara Lengkap Mengkonfigurasi Hotspot Pada Mikrotik (Gambar 17)


Bisa dilihat bahwa ketika login menggunakan user yang sudah ditambahkan tadi dan bandwidthnya sudah ditentukan, maka hasil yang diperoleh akan seperti gambar diatas yang bandwidthnya sudah terlimit untuk user ayah dan user temanku. Dan untuk hotspot kalian sudah berhasil dikonfigurasikan. Dan kalian bisa mencoba untuk menambahkan user lainnya atau mengatur bandwidth yang akan digunakan nantinya.

Begitulah cara konfigurasi hotspot pada mikrotik yang sudah saya berikan pada artikel ini dan caranya sangat lengkap. Mungkin sampai disini saja dari artikel yang sudah saya berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih...

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post