Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik

DailyBlog.id - Banyak fitur-fitur yang sudah diberikan oleh Mikrotik, salah satunya yaitu WLAN atau wireless ini, yang tersedia dibeberapa RouterBoard Mikrotik. Dimana Mikrotik dapat digunakan untuk memancarkan sinyal WiFi, dan kalian bisa menggunakannya sebagai WiFi rumahan nantinya atau WiFi di warung juga bisa. Dalam artikel tutorial yang saya berikan ini, saya menggunakan router Mikrotik RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) yang sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mengenai Mikrotik. Nah, jika kalian ingin mengkonfigurasi jaringan Wireless (WLAN) pada Mikrotik, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini yang sudah saya berikan. Dan langsung saja kita mengkonfigurasi jaringan Wireless (WLAN) pada Mikrotik.

Cara Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik

1. Langkah pertama yaitu hubungkan mikrotik ke Laptop atau Komputer kalian menggunakan Winbox. Pilih mikrotik kalian yang akan digunakan dan dikonekkan, dan setelah itu klik tombol konek.

2. Jika mikrotik kalian masih baru, silahkan terlebih dahulu untuk di reset no configuration. Dan jika sudah, kalian bisa membuka menu IP -> Addresses


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 1)


3. Lalu kalian bisa klik (+) untuk menambahkan IP Address, disini saya menggunakan IP 192.168.50.1/24. Dan jangan lupa untuk pilih interfacenya yaitu wlan1. Lalu klik Apply -> Ok.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 2)


4. Setelah itu kalian bisa membuka menu pada sebelah kiri, lalu pilih menu Wireless


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 3)


5. Lalu pilih tab yang bernama Security Profiles, kita akan menambahkan kata sandi yang akan digunakan untuk Wirelessnya nanti. Setelah itu klik (+) untuk menambahkan.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 4)


6. Dan disini saya akan menambahkan kata sandi baru, seperti yang ada digambar berikut ini. Kalian bisa custom atau tidak sama seperti saya untuk nama security profilesnya dan katasandi yang akan digunakan nantinya. Dimana sandi yang saya gunakan yaitu sandiwifi123 dan sandi tersebut yang akan digunakan untuk mengkonekkan WiFi nantinya.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 5)


7. Setelah menambahkan Security Profiles, kalian bisa menuju ke tab yang bernama WiFi Interfaces.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 6)


8. Dan jika sudah pada tab WiFi Interfaces, klik 2x pada bagian wlan1. dan nantinya akan keluar pengaturan pada wlan1.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 7)


9. Dan setelah itu kalian menuju pada tab Wireless lalu ubah Mode menjadi ap bridge agar bisa memancarkan sinyal WiFinya, Band menjadi 2GHz-B/G/N, SSID (untuk nama WiFi nya) kalian bisa ubah sesuai selera, dan Security Profile yang sudah kalian buat tadi (sandi_wifi). Jika sudah kalian bisa klik Apply -> Ok


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 8)


10. Jangan lupa untuk enable wlan1 kalian jika posisi keadaan wlannya disable atau mati. Kalian bisa klik 1x pada bagian wlan1, lalu klik pada bagian centang biru diatas. Dan jika sudah enable maka tampilannya akan seperti ini.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 9)


11. Tahap konfigurasi pada wlan sudah selesai, dan kalian bisa menuju ke menu IP -> DHCP Client. Dimana pada menu ini akan digunakan untuk interface yang berhubungan langsung dengan router ISP.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 10)


12. Klik (+) untuk menambahkan, lalu pilih interface ether1. karna interface tersebut yang akan tersambung dengan router ISP nantinya. Setelah itu klik Apply -> Ok.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 11)


13. Jika sudah menambahkan, pastikan ether1 kalian tadinya sudah berstatus bound, dan mendapatkan IP dari router ISP kalian.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 12)


14. Setelah menambahkan DHCP Client, kalian bisa menuju pada menu IP -> DHCP Server


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 13)


15. Setelah itu, kalian bisa klik menu DHCP Setup yang berada pada menu atas.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 14)


16. Karena kita disini mengkonfigurasi jaringan wireless, maka untuk DHCP Setupnya kalian bisa memilih interface wlan1.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 15)


17. Kalian bisa next dan next terus, hingga pada bagian ini. Kalian bisa menyesuaikan DNS yang akan digunakan, disini saya akan menggunakan DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 untuk mempermudah saja. Setelah itu klik next lagi hingga selesai.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 16)


18. Untuk tahap DHCP Server sudah selesai, dan saatnya kita konfigurasi NAT mikrotik, dimana NAT ini digunakan agar jaringan lokal bisa terkoneksi dengan jaringan publik nantinya. Kalian bisa lihat pada menu sebelah kiri lalu pilih IP -> Firewall. Lalu pilih pada bagian tab NAT. Setelah itu klik (+) untuk menambahkan.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 17)


19. Lalu kalian pastikan untuk chain nya yaitu srcnat, setelah itu Out. Interface pilih ether1 dikarenakan interface tersebut yang akan langsung terkoneksi dengan router ISP (sesuai dengan DHCP Client yang sudah ditambahkan tadi).


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 18)


20. Dan jika sudah, kalian menuju tab Action lalu ubah Action menjadi masquerade. Dan setelah itu klik Apply -> Ok.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 19)


21. Dan setelah mengkonfigurasi NAT, maka hasil yang dibuat akan seperti ini:


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 20)


22. Jika sudah mengkonfigurasi NAT, kalian bisa mencoba untuk ping ke 8.8.8.8 atau ke google.com, dengan cara pada menu sebelah kiri, klik bagian menu New Terminal lalu ketik ping 8.8.8.8 atau ping google.com. Jika dari respon ping tersebut menunjukan reply atau ada balasan, maka NAT sudah berhasil dan tidak ada masalah. Jika mendapatkan respon RTO (Request Time Out) atau tidak ada balasan, berarti ada kesalahan konfigurasi NAT kalian, atau router ISP kalian tidak ada koneksi internet, atau juga bisa kabel tidak tersambung pada ether1 (terlepas), dll.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 21)


23. Tahap konfigurasi jaringan wireless (WLAN) pada mikrotik sudah selesai, kalian bisa coba untuk mengkonekkan ke WiFi yang sudah dikonfigurasi tadi, dengan kata sandi yang sudah kalian buat.


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 22)


Cara Lengkap Konfigurasi Jaringan Wireless (WLAN) Pada Mikrotik (Gambar 23)


Saya berharap kalian tidak bosan dengan gambar yang banyak pada artikel ini. Caranya sangat mudah kok. Jika kalian selalu mencoba untuk mengkonfigurasi dan sudah bisa, dan kalian hitung waktu kofnigurasi, saya rasa tidak sampai 6 menit... konfigurasi wirelessnya sudah terbentuk. Dan coba lah untuk teliti, agar tidak terjadi kesalahan dalam mememilih interface, ip, dll. Karna akan bisa menyebabkan kegagalan dalam konfigurasi nantinya.

Mungkin sampai disini saja artikel yang saya berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, mohon maaf. Sekian, dan terima kasih.

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post