Cara Install Mikrotik di Virtual Box Dengan Mudah

DailyBlog.id - Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Dan pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial pada kalian semua untuk mencoba install mikrotik di virtual box. Dengan install mikrotik di virtual box, akan mempermudah kalian dalam mencoba atau belajar mengenai mikrotik bagi yang tidak memiliki hardware mikrotiknya. Namun, perlu kalian ketahui bahwa mikrotik yang ada di virtual box ini secara fiturnya ada beberapa yang tidak bisa diterapkan. Dan jika kalian benar-benar ingin mencoba mikrotik, kalian bisa mencoba beli mikrotik yang buat pelajar dengan harga sekitar Rp375.000 an. Untuk tutorial install mikrotik di virtual box, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah

1. Langkah pertama, kalian buka terlebih dahulu software Virtual Box nya. Lalu klik Gambar yang bertuliskan New untuk membuat virtual machine yang baru.

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 1)

 

2. Jika sudah, tahap selanjutnya beri nama virtual mesinnya yaitu Mikrotik Virtual. Lalu untuk Type dan Version pilih pada bagian Other, setelah itu klik Next.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 2)

 

3. Setelah itu tentukan Memory Size nya. Tapi untuk ukuran 64MB itu sudah cukup.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 3)


4. Setelah itu pilih Create a virtual hard disk now. Dan klik Create

 

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 4)


5. Pilih pada bagian  VDI (VirtualBox Disk Image). Lalu klik Next


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 5)


6. Pilih pada bagian Dynamically Alocated. Lalu klik Next


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 6)


7. Untuk ukuran Filenya cukup 2GB dan kalian bisa tentukan lokasi File virtual mesinnya ingin disimpan dimana. Setelah itu klik Create


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 7)


8. Jika sudah, klik pada bagian virtual mesinnya lalu klik pada bagian menu bagian atas yaitu Settings 


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 8)


9. Setelah itu masuk pada menu Storage yang terletak pada menu sidebar sebelah kiri. Klik pada bagian Empty, setelah itu pilih icon sebelah kanan yang terletak di Optical Drive. Lalu pilih ISO mikrotik yang akan digunakan. Jika kalian tidak memiliki ISO mikrotiknya, kalian bisa mengunduh di https://mikrotik.com/download/archive

 

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 9)

Baca Juga Mengenai


10. Jika tampilan seperti dibawah ini, maka file ISO mikrotik berhasil ditambahkan. Lalu klik Ok


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 10)

 

11. Jika sudah, kalian bisa klik pada bagian virtual mesinnya lalu klik menu Start yang berada diatas.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 11)


12. Tekan huruf "a" pada keyboard kalian, untuk memilih installasi semua fiturnya. Setelah itu tekan huruf "i" pada keyboard kalian untuk melanjutkan installasi mikrotiknya.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 12)


13. Tekan huruf "y" pada keyboard kalian untuk benar-benar melanjutkan installasi mikrotiknya.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 13)


14. Jika sudah, jangan tekan Enter untuk merebootnya. Kalian bisa meremove atau mencopot Optical Drivenya. Jika tidak diremove, saat selesai mereboot, maka akan kembali ke halaman installasi awal. Jadi kalian harus meremove atau melepas Optical Drivenya.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 14)


15. Setelah itu tetap jangan direboot terlebih dahulu, kalian bisa klik pada bagian menu Machine -> Settings.

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 15)


16. Lalu pilih pada bagian Network yang terletak di menu sidebar sebelah kiri. Lalu pilih Host-only Adapter dan pilih adapter virtual box nya yang akan digunakan. Setelah itu klik Ok untuk melanjutkan.

 

Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 16)


17. Nah jika sudah, tekan Enter pada keyboard kalian untuk melakukan reboot pada mikrotiknya.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 17)


18. Jika selesai reboot, maka akan di arahkan ke halaman login pada mikrotiknya. Kalian bisa isi usernamenya dengan admin setelah itu tekan Enter 2x pada keyboard kalian, dikarenakan passwordnya kosong (blank)


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 18)


19. Dan mikrotik berhasil diinstall di virtual boxnya, dan untuk tampilan loginnya akan seperti berikut ini:


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 19)


20. Kalian juga bisa membukanya melalui WinBox. Buka WinBox kalian, lalu pilih mikrotik yang ada di daftar pilihannya. Maka akan seperti gambar di bawah ini. Pastikan kalian tidak salah memilih adapternya disaat pengaturan Network nya. Dan pastikan juga bahwa adapter yang kalian pilih, posisinya tidak disable.


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 20)


21. Dan untuk tampilan login di WinBox akan seperti di bawah ini, dan terlihat ada pesan "bahwa mikrotik ini perlu lisensi untuk mengaktifkannya lama. Dan jika tidak ada lisensi maka mikrotik ini akan tidak berfungsi dalam waktu yang sudah ditentukan".


Cara Install Mikrotik Di Virtual Box Dengan Mudah (Gambar 21)

 

Untuk installasi mikrotik di virtual box sudah selesai, kalian bisa menggunakan mikrotik di virtual tersebut untuk belajar-belajar mengenai mikrotik. Namun yang sudah saya katakan tadi, ada beberapa fitur mikrotik yang tidak bekerja sepenuhnya di virtual box. Dan saya sarankan, beli mikrotik yang khusus untuk pelajar yang ingin belajar mengenai mikrotik dengan harga sekitar Rp375.000. Kalian bisa belajar mengenai mikrotik dengan sepuasnya, dan mencoba fitur-fitur yang ada pada hardware mikrotik yang sudah kalian beli.

Mungkin cukup sekian artikel tutorial dari saya, semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Saya mohon maaf, jika ada salah kata atau salah pengertian. Sekian, dan terima kasih.

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post