Cara Agar Video Recording OBS Ukuran File Kecil dan Kualitasnya Tetap Bagus

DailyBlog.id- Siapa disini yang sering menggunakan OBS (Open Broadcaster Software)? Ya tentu pasti banyak yang menggunakan OBS ini sebagai software perekam dan streaming. Terutama bagi para Youtuber Gamer yang disaat membuat kontennya kebanyakan menggunakan software ini yang gratis, tidak ada watermark, dan mudah untuk digunakan. Namun, disini pasti ada juga yang mengalami saat melakukan recording menggunakan OBS ini, hasil video dari recordingannya memiliki ukuran file yang cukup besar. Ya itu bisa dimaklumi, dikarenakan kualitas dari videonya juga bagus. Tapi kasihan juga yang memiliki storage atau kapasitas harddisk yang digunakan nantinya, yang bisa cepat habis cuma gara-gara video recording dari OBS.

Nah disini saya akan membagikan tutorial yang cocok dalam kasus ini, dimana nantinya kalian merekam menggunakan OBS ini akan memiliki kualitas yang mantap dan ukuran filenya tidak besar. Dan disini saya sudah mencobanya sendiri, ternyata work! aias berhasil. Yang biasanya saya record bisa sampai 1GB an, dan saya ubah pengaturannya. lalu saya coba record kembali, dan hasilnya bisa 100MB an. Wah, lumayan menghemat kapasitas. Dan tentunya kulitas dari video itupun udah bagusnya ga main. Ingin tau kan caranya gimana? mari kalian coba langkah-langkah yang ada dibawah ini:

Video Recording OBS Ukuran File Kecil dan Kualitasnya Tetap Bagus

  • Langkah pertama, kalian bisa membuka software OBS nya
  • Jika sudah, lalu cari lah menu yang bernama Settings, yang terletak pada File -> Settings.


Cara Agar Video Recording OBS Ukuran File Kecil Dan Kualitasnya Tetap Bagus (Gambar 1)


  • Lalu pada menu Settings terdapat menu yang bernama Output yang terletak pada menu sebelah kiri. Lalu klik pada menu Output tersebut.
  • Setelah itu terdapat tab menu yang bernama Recording, pilih lah tab tersebut.

Cara Agar Video Recording OBS Ukuran File Kecil Dan Kualitasnya Tetap Bagus (Gambar 2)


  • Lalu kalian bisa ubah pada bagian-bagian ini aja:

    Type = Standard
    Recording Format = mp4
    Untuk Encoder, kalian bisa gunakan NVIDIA NVENCH H.264 (jika kalian menggunakan VGA NVIDIA)
    Rate Control = CQP
    CQ Level = 20 (semakin kecil ukurannya, maka semakin bagus kualitasnya. Tapi ukuran filenya juga ikutan besar)

Cara Agar Video Recording OBS Ukuran File Kecil Dan Kualitasnya Tetap Bagus (Gambar 3)


  • Jika sudah, kalian bisa klik Apply


Disini tahap pengaturan untuk mendapatkan kualitas video dari OBS yang bagus dan filenya berukuran kecil sudah selesai. Dan untuk mendapatkan video yang full HD, kalian bisa mengikuti langkah yang ada dibawah ini:

Video OBS Full HD

  • kalian bisa buka kembali pada menu Settings yang terletak di File -> Settings
  • Lalu pilih pada menu sebelah kiri yaitu Video.

Cara Agar Video Recording OBS Ukuran File Kecil Dan Kualitasnya Tetap Bagus (Gambar 4)


  • Untuk mendapatkan kualitas full HD pada videonya, maka untuk pengaturannya kalian harus menggunakan ukuran 1920x1080. Ubah Downscale Filter menjadi Bicubic dan yang terakhir ubah FPS nya menjadi 60 (biar smooth).

  • Setelah itu klik Apply
  • Dan selesai.


Nah itu caranya agar kita bisa recording menggunakan OBS dan untuk ukuran filenya bisa kecil dan tetap memiliki kualitas yang bagus tentunya. Sangat cocok bagi kalian yang ingin record menggunakan software OBS ini dan menginginkan kualitas dari videonya tetap bagus dan ukuran filenya kecil untuk menghemat kapasitas penyimpanan yang ada.

Mungkin sampai disini artikel dari saya yang sudah saya bagikan, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya. Dan jika saya ada salah kata atau salah pengertian, saya mohon maaf. Sekian, dan terima kasih.

Previous Post Next Post