Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network)?

Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network)?


DailyBlog.id - Hai Sobat semuanya! Kalian sudah tidak asing bukan mendengar kata VPN? Ya, tentunya yang suka bermain game untuk menstabilkan jaringannya atau pun mendapat kan hadia event dengan menggunakan VPN? tentu saya juga pernah menggunakan nya. Dan selain bermain game pasti digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerinta atau dari provider internet kalian bukan? Ya, tentu saya juga pernah menggunakan VPN sebagai itu. Banyak hal orang yang menggunakan VPN ini sebagai hal negatif, ya tentunya yang sudah saya jelaskan tadi VPN ini sering kali digunakan untuk membuka situs yang sudah dilarang oleh pemerintah atau sudah diblok oleh provider internet kalian. Pada halnya VPN ini digunakan untuk mengamankan sebuah jaringan kita. Ya tentunya banyak perusahaan besar menggunakan VPN agar saat mereka melakukan sesuatu seperti halnya kirim data dan lain sebagainya, agar jaringan mereka lebih aman. Jika kalian belum tau mengenai VPN mari kita belajar bersama-sama, mengenal VPN itu apa sebenarnya.

Apa Itu VPN (Virtual Private Network)?

VPN atau juga Virtual Private Network adalah suatu koneksi dimana antara satu jaringan dengan jaringan lain secara private melalui jaringan Internet (publik).

Maka disebut Private Network dikarena VPN sifatnya private, maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi, jadi cukup aman dan sifatnya rahasia alias tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui sebuah jaringan internet.

VPN bekerja sebagai penengah antara ISP (Internet Service Provider) yang kita gunakan dengan server tujuan yang kita akses. Dari komputer yang kita gunakan, akan menggunakan jalur pribadi / sendiri (bersifat privasi dan dienskripsi) ke server VPN dan akan meneruskannya ke website tujuan yang kita akses, sehingga server tujuan akan mendeteksi server VPN yang kita gunakan tanpa mengetahui ISP (Internet Service Provider) kita sebenarnya.




Contoh Permasalahannya

"Anda atau kita berada disebuah kafe atau restoran, lalu Anda menggunakan wifi di kafe atau restoran tersebut, kemungkinan koneksi yang kita miliki itu tidak aman (seseorang bisa saja melakukan teknik spoofing pada koneksi kita, lalu orang tersebut mencuri data-data dari pengguna yang terkoneksi pada wifi tersebut. Semua informasi pengguna wifi) Nah, dengan VPN, koneksi kita dapat aman, dikarenakan kafe atau restoran tersebut akan membaca bahwa kita melakukan koneksi secara pribadi, dengan menggunakan server VPN tersebut."

Fungsi Dari VPN (Virtual Private Network)

  1. Mengamankan Sebuah Koneksi Ditempat Umum
  2. Dapat Mengakses Website Yang Diblokir
  3. Menyembunyikan aktivitas browsing dari ISP
  4. Menghubungkan Kantor-kantor cabang melalui jaringan public
  5. Jaringan Yang Aman
  6. Bisa Digunakan Untuk Menstabilkan Jaringan Saat Bermain Game
  7. Dll.

Kelebihan Dari VPN (Virtual Private Network)

  1. Remote Access
    Dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet.

  2. Keamanan
    Dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet kafe atau restoran.

  3. Menghemat Biaya Setup Jaringan
    VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.

Manfaat dari VPN (Virtual Private Network)

  1. Biaya Murah

  2. Fleksibilitas
    Setiap user dapat tergabung dalam VPN yang telah dibangun tanpa terbatas jarak dan waktu. Fleksibilitas dapat dicapai apabila user tersebut terkoneksi dengan internet dan mendapat ijin menggunakan VPN.

  3. Kemudahan Pengaturan Dan Administrasi
    Keseluruhan VPN dapat diatur dalam server VPN sendiri dan dapat digunakan oleh client, maka perlu diinstall aplikasi.

  4. Mengurasi Kerumitan Pengaturan Dengan Teknologi Tunneling
    Koneksi pribadi dalam VPN dapat terjadi dimana saja selama terdapat tunnel yang menghubungkan pengirim dan penerima data. Dengan adanya tunnel ini, maka tidak diperlukan pengaturan-pengaturan lain yang ada diluar tunnel tersebut, asalkan sumber dari tunnel tersebut dapat menjangkau tujuannya.

Nah, gimana? Apakah Anda sudah mengetahui dan mengenal apa itu VPN? Saya berharap Anda sudah paham dan mengenal mengenai VPN itu apa. Dan semoga saya membagikan artikel ini digunakan hal positif dan bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Oke. Sekian dari saya, Saya mengucapkan sekian dan terima kasih.

Previous Post Next Post