Mengenal Apa Itu Proxy Server? Beserta Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Proxy Server? Beserta Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

DailyBlog.id - Hai Sobat semuanya. Apakah kalian sudah pernah mendengar kata Proxy Server jika ya, maka Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut, jika belum, berarti Anda harus membaca artikel ini, agar mengetahui secara lengkap mengenai Proxy Server. Mari kita belajar bersama mengenai Proxy Server. Proxy Server sendiri itu bekerja dengan cara menjembatani komputer ke Internet.Yaps, Program Internet seperti browser, download manager ataupun lainnya yang berhubungan dengan proxy server. Dan proxy server tersebut akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

Apa Pengertian Dari Proxy?

Proxy adalah suatu sistem yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses jaringan internet menggunakan IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat.

Prinsip dan Cara kerja Proxy Server

Server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan. Server bisa mengubah alamat IP kamu, sehingga server web tidak tahu persis dimana kamu berada. Hal itu bisa dilakukan karena data kamu telah dienkripsi, sehingga data kau tidak terbaca dalam perjalanan.

Manfaat Dari Proxy

  1. Privacy yang terjaga
    Karena beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Hal Ini akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP. Sehingga Proxy membuat data anda aman dan tidak mudah untuk dicuri.

  2. Menghemat Bandwidth
    Proxy server bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwith dari koneksi internet user. Karena adanya proses caching yang menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah dikunjungi.

  3. Memblokir Situs Tertentu
    Proxy server dapat secara otomatis memblokir situs-situs yang tidak diinginkan dengan adanya fitur filtering. Sehingga dengan manfaat ini bisa menghindari karyawan membuka situs-situs terlarang melalui jaringan internet lokal perusahaan.

  4. Meningkatkan Kinerja Internet
    Proxy server dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan internet user karena adanya penghematan bandwidth.

Fungsi Dari Proxy

  1. Fungsi Connection Sharing
    Server proxy secara teknis untuk menjadi sebuah gateway untuk membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar. Sehingga jika jaringan komputer perusahaan menanamkan program server proxy maka dapat mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan internet secara bersamaan.

  2. Fungsi Filtering
    Dalam fungsi ini, server proxy bertindak seperti Firewall sebagai media penyaringan atau filtering. Sebuah jaringan internet dimana setiap paket-paket data yang ditransmisikan akan discan dan difilter untuk mengurangi kegagalan.

  3. Fungsi Caching
    Adanya server proxy dapat menyimpan objek dan data yang pernah di search atau diminta user saat browsing menggunakan aplikasi internet. Misalnya ketika Anda melakukan pencarian pada situs tertentu maka data-data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.

Jenis - Jenis Proxy Server

  1. Anonymous Proxy
    Proxy yang memberikan informasi tentang komputer pengguna. Disaat melakukan request pada sebuah website, dan website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP pribadi dari pengguna itu, hanya mengetahui IP proxy saja.

  2. High Anonymity Proxy
    Proxy yang menyembunyikan dirinya sebagai proxy server, tidak menyediakan alamat IP original. Jadi website akan melihat alamat IP acak yang menghubungkannya.

  3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)
    Proxy yang melanjutkan permintaan dari pengguna ke tujuan yang diminta tanpa harus memberikan informasi data dari computer pengguna. Proxy ini banyak digunakan pada computer perkantoran.

  4. Reverse Proxy
    Proxy yang digunakan untuk melindungi klien terhubung dengan data yang berbahaya/sensitive. Saat caching proxy ini diaktifkan, trafik jaringan akan menurun.

  5. Distorting Proxy
    Proxy yang memberikan IP yang beda dari pengguna yang gunakan. Namun masih mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server.

Kelebihan Proxy Server

  1. Keamanan Yang Terjaga
    Dimana Ketika menggunakan proxy server ini, tidak akan mengirimkan informasi komputer pengguna.

  2. Dapat Memblokir Situs Tertentu
    Ketika ada situs yang mencurigakan atau tidak baik untuk dibuka, maka dapat memblokir situs tersebut.

  3. Mengakses Situs Yang Sudah Diakses Akan Menjadi Lebih Cepat
    Dikarenakan tidak perlu internet, melainkan sudah tersimpan didirektori cache proxy.

Kekurangan Proxy Server

  1. Mengakses Situs Yang Belum Diakses Akan Menjadi Lambat
    Dikarenakan client harus meminta ke proxy lalu akan meminta request dari client ke layanan internet.

  2. Saat Proxy Server Lambat Melakukan Update Cache
    Client mendapatkan konten yang belum diupdate saat melakukan request konten tersebut.

  3. Terjadi Kesalahpahaman Fungsi
    Disaat dimana konten yang tidak sengaja keblokir.

Squid Proxy Server

Software yang khusus untuk man in the middle PC klien dan Internet. Tujuan untuk mempertahankan cache yang umumnya diakses situs-situs Internet untuk meningkatkan kecepatan akses dan mengurangi pemanfaat bandwidth.

Cara Kerja Squid Proxy Server

Squid melayani semua request melalui IPv4 dan IPv6 dalam single thread, non blocking. Squid menyimpan metadata objek yang dicache dan objek yang popular di RAM. Maka Squid tersebut banyak makan memori. Jadi harus diperhatikan untuk ukuran cache_dir . Jika sudah mulai kehabisan RAM maka akan memperlambat response dan bisa menyebabkan terjadinya squid crash.

Nah, seperti itu sobat artikel mengenai Proxy Server, dan apakah Anda sudah mulai mengenal dengan Proxy Server? Saya berharap Anda sudah mulai mengenal dan dekat dengan Proxy Server ya, kalau belum silahkan baca dan pelajari lagi! Dan semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, terutama buat tugas sekolah hehe. Sekian dari saya, saya mengucap kan terima kasih.
Previous Post Next Post