Mengenal Apa Itu Control Panel Hosting Pada Website?

 

Mengenal Apa Itu Control Panel Hosting Pada Website?


DailyBlog.id - Hai semuanya, kali ini saya tidak membuat postingan mengenai tutorial terlebih dahulu, namun. Disini saya ingin menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu Control Panel. Yaps, biasanya tidak asing lagi kita mendengar yang namanya Control Panel bagi para pengembang website. Tentu, Control Panel sendiri itu sangat membantu, dikarenakan digunakan untuk mengelola sebuah website, yaps. Biasanya bisa untuk menambahkan subdomain, domain, akun email, ftp, dll. Nah, maka dari itu kalian ingin mengetahui mengenai Control Panel itu apa ya kan? oke, langsung saja kita belajar bersama mengenai Control Panel itu apa.

Apa Itu Control Panel?

Control Panel adalah Sebuah antarmuka yang berbasis web yang disediakan oleh layanan hosting web, dimana yang akan digunakan oleh penggunanya untuk mengatur segala macam pengaturan yang ada pada hosting.

Apa Itu Hosting atau Web Hosting?

Hosting atau Web hosting sendiri merupakan penyewaan server yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data - data yang sehingga data tersebut dapat diakses melalui internet.

Data tersebut dapat berupa teks, gambar, video atau bahkan program yang berisi ke semua hal tersebut yang bisa kita sebut dengan website.

Fitur - Fitur Umum Pada Control Panel

  1. Preference
    Tersedia berbagai macam tutorial berupa Getting Started, Video Tutorials, Change Language, Shortcuts, Change Password, Change Style.

  2. Mail
    Tersedia berbagai opsi yang mengatur email pribadi yang berdasarkan domain yang pakai. Biasanya juga terdapat fitur anti spam.

  3. Files
    Mengatur tentang file yang masuk di hosting. Pemilik bisa mengakses file yang di hosting, mengedit file hosting, membackup file tersebut.

  4. Logs
    Untuk melihat aktivitas tentang siapa saja user yang mengakses website, check IP dari pengunjung website, memasang password dari file hosting.

  5. Domain
    Mengatur tentang pemasangan domain, add-ons domain, dub domain, pengaturan DNS, dsb.

  6. Database
    Mengatur database dari website, seperti Mysql dan phpMyAdmin.

  7. Software
    Control Panel juga mendukung pemasangan script aplikasi pihak ketiga, contoh : Wordpress, Joomla, dll.

Tips Memilih Control Panel

  1. Tampilan Pengguna Yang Mudah Dikelola
    Control Panel sendiri harus menyediakan tampilan pengguna yang friendly atau bisa juga dibilang mudah dikelola oleh penggunanya, jadi si pengguna dapat menggunakan Control Panel tersebut dengan mudah dan nyaman.

  2. Platform Bebas

  3. Memiliki Dukungan dan Forum
    Jika disaat Anda memasang Control Panel, tidak ada kalahnya jika Anda mengalami kesalahan saat konfigurasi atau disaat instalasi, maka Anda harus bertanya dan mencari dokumentasi yang dapat menangani masalah seperti masalah yang Anda alami. Jadi cari lah Control Panel yang memiliki banyak support dan dokumentasinya.

  4. Fitur dan dukungan Perangkat Lunak
    Penting bahwa control panel mendukung semua perangkat lunak atau fitur yang diperlukan yang harus diinstal di server.

  5. Murahnya Biaya (Kalau bisa cari yang gratis)

  6. Pembaruan Stabilitas dan Keamanan
    Stabilitas dan keamanan server merupakan faktor yang sangat penting yang akan mempengaruhi bisnis Anda jika tidak dikelola dengan benar. Sangat penting menggunakan server dan control panel yang stabil dan tidak menyebabkan downtime yang tidak perlu bagi pengguna.

Macam - Macam Control Panel

  • cPanel

  • VestaCP

  • EHCP

  • Webmin

  • ISPConfig

  • Plesk

  • DTC

  • Zpanel

  • Dll.

Nah gimana? apakah Anda sudah mulai paham mengenai Control Panel yang sudah saya berikan. Yaps, Saya berharap semoga Anda sudah membaca dan memahami artikel yang sudah saya berikan :D . Mungkin, sampai disini saja artikel mengenai "Apa Itu Control Panel Hosting". Dan semoga bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Terima kasih.
Previous Post Next Post