Cara Redirect HTTP Menjadi HTTPS Menggunakan .htaccess

Cara Redirect HTTP Menjadi HTTPS Menggunakan .Htaccess


DailyBlog.id - Cara Redirect HTTP Menjadi HTTPS Menggunakan .htaccess, mengapa website Anda harus menggunakan SSL atau https:// dan itu sangat penting loh.? . Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi website harus menggunakan SSL atau https tersebut. Yups, bisa dilihat dari gambarnya saja yaitu gambar Gembok Kunci, yang dimana fungsinya yaitu untuk mengamankan, nah bisa dilihat dari situ bahwa SSL sendiri fungsinya untuk mengamankan website kita. Maka faktor - faktor manfaat yang akan mempengaruhi saat kita menggunakan SSL yaitu:

  1. Menghindarkan Pencurian Data

  2. Menghindarikan Salah Kirim Data

  3. Meningkatkan Ranking Website Di Mesin Pencarian

  4. Meningkatkan Reputasi Website

  5. Meningkatkan Kualitas SEO.

Biasanya saat kita ingin melakukan redirect http menjadi https, setelah Anda melakukan installasi SSL berbayar maupun yang gratis. Dari situlah website Anda dapat diredirect dari http menjadi https. Jika disaat pengunjung mengunjungi website Anda, maka website akan otomatis redirect menjadi https. Contoh semisalnya website yang belum memiliki SSL atau https yaitu http://www.dailyblog.id dan saya telah melakukan installasi SSL berbayar atau gratis pada website tersebut. maka website tersebut sekarang dapat dikunjungi menggunakan https dan akan berubah menjadi  https://www.dailyblog.id. Namun perlu diingat juga, jika Anda telah melakukan installasi SSL berbayar ataupun yang gratis, namun website Anda tidak bisa dikunjungi atau bermasalah saat dikunjungi, maka Anda perlu mengingatnya dan memeriksanya, apakah Anda telah mengaktifkan port https pada website Anda? Port berapakah yang digunakan oleh https? yups port yang digunakan https yaitu port 443, jadi Anda harus memeriksa port tersebut dalam website Anda, apakah sudah aktif atau belum. Periksa apakah tanggal kadaluarsa pada SSL yang digunakan sudah melebihi dari tanggal kadaluarsa atau belum. dan periksa apakah SSL tersebut menggunakan URL pada domain yang sama atau tidak.

Jika sudah melakukan seperti yang diatas, saatnya kita mencoba bagaimana Cara Redirect HTTP Menjadi HTTPS Menggunakan .htaccess. Sebenarnya caranya sangat mudah sekali, dimana kita harus membuat file .htaccess jika file tersebut beum dibuat, dan jika sudah dibuat maka Anda hanya perlu menambahkan beberapa baris kode saja. Oke, langsung saja, Anda harus membuka Control Panel pada hosting Anda lalu File Manager dan cari berkas yang bernama .htaccess, biasanya berkas tersebut letak / tempat dibuatnya pada direktori public_html nah, jika sudah menemukan file .htaccess tersebut, maka Anda tinggal mengcopy paste kode dibawah ini, Anda dapat memilih salah satu cara redirect yang ingin Anda gunakan pada website Anda.

 

1. Redirect HTTP Menjadi HTTPS Menggunakan www.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www\. [NC,OR]
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^(?:www\.)?(.+)$ [NC]
RewriteRule ^ https://www.%1%{REQUEST_URI} [R=301,L,NE]

2. Redirect HTTP Menjadi HTTPS (Force!)

RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainsaya.com/$1 [R,L]

3. Redirect HTTP Menjadi HTTPS Di Domain Tertentu

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domaincontoh\.id [NC]
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domaincontoh.com/$1 [R,L]

4. Redirect HTTP Menjadi HTTPS Di Folder Tertentu

RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteCond %{REQUEST_URI} folder-saya
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domaincontoh.com/folder-saya/$1 [R,L]


Kesimpulan

Sangat lah mudah untuk melakukan Redirect HTTP menjadi HTTPS menggunakan .htaccess. Cuma menambahkan beberapa baris kode saja pada file .htaccess . Dari sini website Anda sudah menjadi aman. dan Pengunjung tidak perlu khawatir lagi untuk mengunjungi website Anda dan memasukan data pada website Anda. Dan tidak perlu pusing - pusing lagi untuk melakukan redirect pada script pada masing-masing file. Cukup menggunakan satu file saja yaitu .htacess, maka website Anda dapat terredirect yang dari http menjadi https. Dan mungkin sampai disini saja tutorial dari saya, semoga Anda dapat mencobanya dan membantu Anda dalam kemudahan dalam mengembangkan website Anda. 

Previous Post Next Post