Cara Mudah! Untuk Mendapatkan Wildcard SSL Gratis Dari Let's Encrypt Di Debian 9

Cara Mudah! Untuk Mendapatkan Wildcard SSL Gratis Dari Let's Encrypt Di Debian 9

DailyBlog.id - Hai semua! lama saya tidak posting di blog ini, kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai Cara Mudah Untuk Mendapatkan Wildcard SSL Gratis Dari Let's Encrypt. Kalian sudah tau bukan, mengapa sebuah website harus menggunakan SSL? bukan karena ingin pamer atau gimana ya, kalo websitenya sudah menggunakan SSL. Melainkan untuk keamanan pada sebuah website kalian. Disaat kalian nantinya sudah mengkonfigurasi SSL pada website, maka website kalian yang awalnya http://iniaku.com akan berubah menjadi https://iniaku.com . nah sudah tidak sabar lagi bukan untuk cepat - cepat ingin mendapatkan Wildcard SSL gratisnya, caranya sangat mudah kok. tinggal copy paste saja. Namun, kalian harus juga mengingat dan memahaminya. Oke langsung saja ini tutorialnya.

Pasang Let’s Encrypt Pada Debian 9

sudo add-apt-repository ppa:certbot/certbot
sudo apt-get update
sudo apt-get install python-certbot-nginx

Atur DNS Pada Domain Kalian Yang Akan Digunakan

Type: A
Name: *
IP:(alamat IP yang digunakan)

Type: A
Name: @
IP:(alamat IP yang digunakan)

Buat Wildcard SSL dari Let's Encrypt

sudo certbot --server https://acme-v02.api.letsencrypt.org/directory -d *.contoh.com -d contoh.com --manual --preferred-challenges dns-01 certonly


* Catatan: untuk contoh.com, kalian dapat mengganti domain tersebut dengan domain yang akan kalian gunakan.

Setelah itu, kalian akan dimintai untuk memasang DNS TXT record untuk memverifikasi domain kalian. Biasanya keluar pesan seperti ini:

Please deploy a DNS TXT record under the name
_acme-challenge.contoh.com with the following value:

667drNmQL3vX6bu8YZlgy0wKNBlCny8yrjF1lZKlqlPaM


Nah disitu terdapat jelas, ada kode yang akan kalian pasang di DNS TXT record pada domain kalian. Dan jika sudah dipasang pada, tahap selanjutnya tekan Enter saja . Dan jika domain sudah terverifikasi, maka akan keluar pesan seperti ini:

Congratulations! You have successfully enabled https://contoh.com
------------------------------------------------------------------------------------
IMPORTANT NOTES: 

Congratulations! Your certificate and chain have been saved at: 
/etc/letsencrypt/live/contoh.com/fullchain.pem 
Your key file has been saved at: 
/etc/letsencrypt/live/contoh.com//privkey.pem
Your cert will expire on .......


Nah, jika seperti itu. Maka kalian sudah berhasil mendapatkan Wildcard SSL Gratis dari Let's Encrypt, dan kalian sudah bisa untuk mengcopy atau langsung memasang SSL tersebut pada website kalian. Dengan lokasi filenya ada di /etc/letsencrypt/live/contoh.com/fullchain.pem dan /etc/letsencrypt/live/contoh.com//privkey.pem.

Nah, gimana? mudah sekali untuk mendapatkan Wildcard SSL Gratis Dari Let's Encrypt. Oke guys, mungkin sampai disini tutorial saya mengenai Cara Mudah Untuk Mendapatkan Wildcard SSL Gratis Dari Let's Encrypt. Semoga artikel yang sudah saya ketik ini dan saya bagikan kepada kalian semua, dapat bermanfaat untuk sekarang dan kedepannya. 


Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post