Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP

Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP


DailyBlog.id - Hai Sobat semuanya! Kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial merubah port default yang digunakan oleh VestaCP. Cara untuk merubah port pada VestaCP sangatlah mudah sekali, Anda cukup memilih port yang belum digunakan oleh aplikasi lain. Lalu tambahkan pada firewall yang berada di control panel VestaCP nya. Bagaimana mudah bukan, sudah mulai ada gambarnnya? Jika sudah, mari kita mencoba bersama:

Sebenarnya ada 5 cara yang dapat dilakukan untuk merubah port pada VestaCP yaitu:

  1. Pastikan Anda sudah memilih port yang ingin digunakan (jangan port yang sudah digunakan oleh aplikasi lain) dan usahakan ingat port tersebut.

  2. Tambahkan port tersebut di Firewall Control Panel VestaCP nya

  3. Setelah itu, ubah di Nginx (Ubah port pada bagian Listen, defaultnya adalah 8083)

  4. Jika sudah semua, lalu lakukan restart pada VestaCP nya

  5. Dan jika no 1 sampai 4 sudah dilakukan, buka url VestaCP nya menggunakan port yang sudah Anda buat tadi. Lalu hapus port lama VestaCP di halaman firewall yaitu hapus port 8083.

Nah, cukup mudah bukan. Jika masih kebingungan, maka saya akan memberikan tutorialnya secara lengkap beserta gambarnya. Berikut ini:

1. Pastikan Anda sudah memilih port yang ingin digunakan (jangan port yang sudah digunakan oleh aplikasi lain) dan usahakan ingat port tersebut.

2. Masuk pada akun VestaCP kalian.

3. Lalu cari lah menu Firewall yang terletak pada bagian header.


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP (Gambar 1)


4. Setelah itu, cari tombol + untuk menambahkan rulenya


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP (Gambar 2)


5. Setelah itu isi form sesuai berikut ini, disini saya ingin mengubahnya menjadi port 4370. (tidak harus sesuai dengan port yang saya tentukan, terserah Anda).

Action
ACCEPT

Protocol
TCP

Port
4370

IP address
0.0.0.0/0

Comment
PORT_BARU_VESTA


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP (Gambar 3)



Keterangan

  1. ACCEPT
    Untuk diijinkan firewallnya

  2. TCP 
    Keluar sebagai TCP

  3. 4370
    Port yang sudah Anda tentukan tadi.

  4. 0.0.0.0/0
    Mengizinkan ke semua request.

  5. PORT_BARU_VESTA
    Hanya contoh komen saja (untuk menandai portnya)

Jika sudah, klik tombol "Add" untuk menambahkannya.

6. Nah, tahap selanjutnya yaitu buka software Putty atau apa yang bisa terkoneksi dengan server Anda. lalu sunting pada Nginxnya, dan ubah Listen menjadi 4370. Dengan cara ketik:

sudo nano /usr/local/vesta/nginx/conf/nginx.conf

Lalu scroll dan cari pada bagian:

listen 8083;


Dan ubah menjadi sesuai dengan port tadi yang sudah dibuat:

listen 4370;


Cara Merubah Port Default Yang Digunakan Oleh VestaCP (Gambar 4)


Setelah itu CTRL + X -> Y -> Enter, untuk menyimpannya. Dan jangan lupa untuk merestart VestaCP nya agar pengaturan bisa diterapkan. Dengan cara:
sudo service vesta restart

7. Jika sudah, Anda bisa membuka VestaCP nya dengan menggunakan port baru, contoh alamat urlnya: https://www.dailyblog.id:4370 maka, akan tersambung dan akan membuka halaman login VestaCP dengan port yang baru.

Dan jika tidak bisa terbuka, maka Anda harus bisa mencari kesalahan saat mengkonfigurasinya, Anda dapat mengecek dengan cara, cek apakah port yang Anda tentukan sudah digunakan oleh aplikasi lain atau belum, cek apakah Anda sudah merestart vesta nya, jika sudah tapi belum merespon apa" -> coba restart kembali dan atau cek apakah ada typo saat mengetik port pada nginx.conf nya.

8. Hapus port vesta yang lama (8083), jika sudah tidak diperlukan kembali.

Oke, gimana? sudah berhasil atau belum? jika belum, Anda dapat membaca artikel ini berulang kali. Dan jika berhasil, maka Anda hebat!!. Dan jangan lupa untuk terus mencoba dan belajar, dan jika berhasil dari percobaan itu, nantinya Anda akan memiliki rasa kebahagiaan tersendiri hehehe, oke? Oke dong, mungkin sampai disini saja artikel dari saya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membaca Artikelnya, dan seperti biasa saya ucapkan, sekian dan terima kasih.

Selamat Mencoba!
Previous Post Next Post