Cara Mengkonfigurasi OpenVPN Yang Sangat Mudah Di Debian 9

DailyBlog.id- Hai semuanya, kali ini saya akan membagikan tutorial yang sudah sesuai dengan judulnya yaitu dimana kita akan mencoba untuk Mengkonfigurasi OpenVPN, yups. Sebelum itu kalian yang belum tau mengenai OpenVPN itu apa sih? OpenVPN merupakan sebuah software VPN (Virtual Private Network) yang open source, dimana software ini dugunakan untuk mengakses sebuah internet dengan menggunakan VPN. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengakses situs yang diblokir pemerinta atau provider Anda, untuk menstabilkan kualitas jaringan saat bermain game, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Dari OpenVPN?

Yups, OpenVPN itu sendiri bekerja dengan cara membuat sebuah sambungan PTP Tunnel atau juga namanya Point To Point Tunnel dimana yang sudah dienkripsikan. OpenVPN ini menggunakan Private Keys dan Certificate, ya bisa dibilang menggunakan username dan katasandi untuk melakukan otentikasi, dimana digunakan untuk membangun sebuah koneksi.

Point - Point Manfaat Menggunakan OpenVPN

  1. Dapat mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah atau pun dari provider yang dipakai.
  2. Mengakses atau browsing secara anonim
  3. Meningkatkan keamanan pada perangkat yang Anda pakai.
  4. Untuk Mencegahnya akses pihak ketiga
  5. Dapat menggunakan VPN Sendiri, dan tidak terganggu oleh pengguna lain.

Jika kalian sudah membaca dan mengetahui beberapa bagian informasi mengenai OpenVPN, maka Anda harus siap mencoba untuk mengkonfigurasi OpenVPN ini, ihihih :D tenang OpenVPN ini tidak rumit saat mengkonfigurasinya, tidak seperti dulu yang sangat rumit bahkan membutuhkan waktu yang lama. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, hehe :D kali ini saya akan membagikan tutorial yang sangat mudah dan praktis sekali, cukup membutuhkan waktu mengkonfigurasi OpenVPN nya yaitu sekitar 5 sampai 10 menit saja. Cukup cepat bukan? nah berikut ini ada tutorial cara mengkonfigurasi yang sangat mudah!. Oke, siap? mari kita mencobanya.

Cara Mengkonfigurasi OpenVPN Yang Sangat Mudah Di Debian 9

1. Langkah pertama, pastikan pastikan Anda sudah terkoneksi dengan Server Linux Anda. Anda dapat menggunakan Putty untuk mempermudah mengakses SSH pada server Anda, atau menggunakan tools lain yang dapat terkoneksi dengan SSH Server Anda.

2. Setelah terkoneksi, unduh script openvpn-install dari github, dengan cara berikut ini:

sudo su
apt install openssh-server openvpn
cd /usr/local/src
wget https://git.io/vpn -O openvpn-install.sh
bash openvpn-install.sh

3. Setelah melakukan cara diatas, maka nanti keluar pertanyaan seperti ini:

IP address: 192.168.0.100
Public IP address / hostname: namaservervpn
Protocol [1-2]: 1 -- UDP
Port: 1194
DNS [1-5]: 1
Client name: client
Press any key to continue...  <ENTER>

Nah, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda, jika sudah, maka tekan Enter saja untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Nah jika sudah menekan Enter, prosesnya akan berlangsung, dan nanti Anda akan mendapatkan pesan. Yang menunjukan file .openvpn nya.
Dan letanya itu biasanya di  /root/client.ovpn . untuk nama client.ovpn, itu tergantung saat Anda memasukan nama clientnya. Jika Anda memasukan nama client seperti andsp, maka file yang Akan dihasilkan yaitu andsp.ovpn.

5. Jika sudah, pastikan interface tun0, sudah keluar pada interfaces jaringan Anda. Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara

ifconfig

Maka, kalau Anda perhatikan akan keluar interfaces baru yang seperti ini

tun0: flags=4305<UP,POINTOPOINT,RUNNING,NOARP,MULTICAST>  mtu 1500
        inet 10.8.0.2  netmask 255.255.255.0  destination 10.8.0.2
        inet6 fe80::28c4:3e38:2497:e12a  prefixlen 64  scopeid 0x20<link>
        unspec 00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00-00  txqueuelen 100  (UNSPEC)
        RX packets 51  bytes 11522 (11.5 KB)
        RX errors 0  dropped 0  overruns 0  frame 0
        TX packets 134  bytes 43524 (43.5 KB)
        TX errors 0  dropped 0 overruns 0  carrier 0  collisions 0

Jika belum keluar interface baru, Anda dapat melakukan reboot pada Server Linux Anda. dengan cara

reboot

6. Jika sudah, melakukan tahap semua diatas, maka siapkan software yang dapat melakukan transfer file antara komputer lokal dengan yang jarak jauh. Ya, Anda dapat menggunakan WinSCP atau FileZilla untuk melakukan transfer file OpenVPN tersebut.

7. Cari file .openvpn tadi, contohnya seperti di /root/client.ovpn , lalu copy file tersebut dan pastekan (transfer) di komputer Anda. Dan jika sudah, tahap selanjutnya Anda dapat mengkoneksikan OpenVPN tersebut. Menggunakan Software OpenVPN GUI atau pun Aplikasi Android OpenVPN.

8. Anda dapat mengunduh Software OpenVPN GUI di situs officialnya www.openvpn.net, untuk mempermudah anda untuk mengkoneksikan OpenVPN Anda pada Laptop / PC Anda, ataupun juga Android Anda. :D

9. Lalu lakukan installasi software OpenVPN nya seperti biasa, lalu buka software tersebut. Maka tampilan akan sepert ini:

 

Cara Mengkonfigurasi OpenVPN Yang Sangat Mudah Di Debian 9 (Gambar 1)


10. Jika sudah, lalu pilih tab "File" pada software OpenVPN tersebut. maka akan seperti ini

 

 

11. Setelah itu pilih berkas OpenVPN nya tadi yang sudah di transfer dari Server Linux menuju komputer Anda (client.ovpn) untuk di importkan ke software tersebut. Maka akan seperti ini. Dan centang "Connect After Import" jika Anda ingin langsung mengkoneksikan ke VPN nya setelah ditambahkan. Setelah itu klik "Add" untuk menambahkannya.



12. Jika sudah dan berhasil, maka tampilannya akan seperti ini.

 


Dan jika seperti gambar diatas ini, maka Anda berhasil mengkoneksikan OpenVPN, cara di android juga sama saja kok jadi tidak perlu khawatir tutorial mengkoneksikannya beda atau tidak, dan selamat menggunakan VPN nya!. Asalkan VPN nya tidak digunakan hal yang buruk atau tidak jelas ya :D hehehe, selalu gunakan dengan hal positif saja, seperti membuat jaringan stabil saat main game, sebagai keamanan perangkat, dll dalam hal positif :D hehehe.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya yaitu, kita tida perlu susah payah untuk mengkonfigurasi OpenVPN lagi, dikarenakan sekarang ada cara mudah untuk mengkonfigurasi OpenVPN nya, cukup dengan waktu 5 sampai 10 menit saja untuk mengkonfigurasinya. Namun tidak ada salahnya Anda juga perlu mencoba belajar mengkonfigurasi OpenVPN secara manualnya juga nantinya, hehehe. :D Oke, cukup sekian tutorial dari saya, semoga sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya. Sekian, dan Terima Kasih.

 

Semangat, Mencobanya!

Previous Post Next Post