Cara Membuat Timeago Menggunakan Script PHP

Cara Membuat Timeago Menggunakan Script PHP

DailyBlog.id - Kalian semua pasti sudah menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram atau lainnya dijaman sekarang, tentu untuk jamannya kita yaitu jaman milenial pasti semua serba internet, dan dikit-dikit unggah kegiatan mengenai kita di media sosial. Nah, jika kalian sadar saat kalian mengunggah postingan atau kegiatan yang kalian unggah itu, pasti kalian akan menemukan waktu seperti "di unggah pada 1 jam yang lalu" atau "beberapa minggu yang lalu". Jika kalian menyadari ada waktu seperti itu dipostingan / kegiatan yang kalian unggah dimedia sosial, nah maka artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat waktu tersebut. Ya, jika kalian membaca judulnya, maka kalian sudah siap untuk membuat dan mempelajari bagaimana cara membuat timeago menggunakan script php. Disini saya selalu memberikan tutorial yang sangat mudah, dan untuk kalian semua yang ingin mencoba dapat mengcopy paste script yang ada dibawah ini nantinya. Dan seperti biasanya, disini kita akan menggunakan fungsi, dimana fungsi itu nantinya akan mempermudah kalian semua dalam memanggil timeago tersebut diprojek kalian nantinya, tanpa harus mengetik dan memikirkan kode lagi saat membuatnya, tinggal memanggil fungsi tersebut. Sebelum kita belajar, kalian semua harus menyiapkan terlebih dahulu seperti XAMPP atau lainnya, ataupun kalian juga bisa menggunakan server kalian sendiri untuk belajar secara langsung. Jika semua sudah siap, mari kita belajar bersama bagaimana cara membuat timeago menggunakan script php. Caranya kalian tinggal copy paste script yang ada dibawah ini:

Cara Membuat Timeago Menggunakan Script PHP

Kalian dapat membuat file yang bernamakan coba_timeago.php, lalu buka pada halaman kalian. Bisa seperti http://localhost/coba_timeago.php (sesuai halaman yang kalian buat). Nah, tampilan masih kosong / blank. Setelah itu kalian copy script yang ada dibawah ini, lalu paste di file coba_timeago.php, lalu simpan dan refresh kembali halaman kalian.

<?php

function HitungTimeAgo($waktu)
{
    $waktu      = time()-$waktu;
    $waktu      = ($waktu < 1) ? 1 : $waktu;
    $waktuarr   = array (
        31536000    => 'tahun',
        2592000     => 'bulan',
        604800      => 'minggu',
        86400       => 'hari',
        3600        => 'jam',
        60          => 'menit',
        1           => 'detik'
    );

    foreach($waktuarr as $ambilwaktu => $text) 
    {
        if ($waktu < $ambilwaktu) continue;

        return floor($waktu / $ambilwaktu).' '.$text;
    }
}

$waktu = strtotime('2020-12-12 13:45');
echo '<b>Diunggah pada</b>:<br/>'.HitungTimeAgo($waktu).' yang lalu';

?>


Nah, gimana? mudah kan untuk membuat timeago menggunakan script php. Kalian cukup memanggil fungsi tersebut agar tidak mengetik kembali script yang panjang tersebut. Dan jika kalian memiliki projek yang ingin menggunakan waktu seperti timeago, kalian bisa mengcopy dan mencoba script yang sudah saya berikan ini. Dan seperti biasanya, disini saya mengucapkan semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca dan mencobanya.

Previous Post Next Post