Cara Membuat Tampilan Dynamic MOTD Di Linux Menjadi Lebih Keren

Cara Membuat Tampilan Dynamic MOTD Di Linux Menjadi Lebih Keren

DailyBlog.id - Hai dan hai, jumpa lagi, kali ini Saya ingin memberikan tutorial lagi nih, yaps tutorial dan tutorial haha, ga bosan nih? engga, karna nih tutorial juga ku pakai sendiri nantinya kalau ku lupa di waktu tertenu, hehehe :D ya kan enak bisa di buka" kembali tutorialnya. Oke, gw mulai ga nyambung, haha. Dan kali ini tutorial yang gw berikan yaitu, yaps tentu seperti dijudul yaitu kita akan mencoba untuk membuat tampilan Dynamic MOTD di linux kalian menjadi lebih bagus, ya dibisa dibilang lebih keren sih. Engga terlalu flat. Seperti di thumbnailnya, disaat kalian konek ke linux Anda, ditampilan halaman setelah loginnya, akan muncul tampilan yang keren. Selain itu kita juga bisa mengetahui seperti linux apa yang kita pakai, lalu informasi sistemnya seperti penggunaan ram, swa, penggunaan disk, dll. Nah keren bukan? lebih mudah mengetahui secara langsung disaat masuk ke linuxnya. Gimana? sudah mulai penasaran kan caranya? oke langsung saja kita mencoba untuk membuatnya. Caranya cukup mudah, sangat sangat mudah. Menurut saya cukup membutuhkan waktu 5 menit untuk installasinya. Oke langsung saja kita cobanya. ini dia:

Cara Membuat Tampilan Dynamic MOTD Di Linux Menjadi Keren

Langkah, petama yang harus Anda lakukan yaitu, melakukan installasi dependencies

apt-get install figlet lsb-release python-utmp bc


Setelah itu clone repositorinya dan salin berkas"nya, dengan cara:

git clone https://github.com/ldidry/dynamic-motd.git
cd dynamic-motd
cp -r update-motd.d/ /etc
rm /etc/motd
ln -s /var/run/motd /etc/motd
cd ..
rm -r dynamic-motd

Jika sudah, lakukan reconnect ke linux/server anda, pastikan Anda sudah benar" melakukan sesuai dengan cara diatas yak, nanti hasilnya setelah reconnect atau login ulang. Maka tampilan setelah reconnectnya seperti yang dithumbnail. Nah gimana? cukup mudah bukan? sangat" mudah. dan sekarang linux Anda sudah tampak keren tampilan setelah halaman loginnya. Tidak terlihat flat lagi, hehehe :D Oke, mungkin sampai disini tutorial yang saya berikan semoga, tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Sekian, terima kasih.
Previous Post Next Post