Cara Membuat Permalink Dengan Mudah Menggunakan Script PHP

Cara Membuat Permalink Dengan Mudah Menggunakan Script PHP


DailyBlog.idHai sobat semuanya, kali ini saya ingin membagikan nih tutorial cara membuat permalink menggunakan script php. Yaps, sebenarnya cara ini sangat mudah sekali, hanya dengan membuat beberapa baris kode saja Anda dapat membuat sebuah permalink untuk website atau blog Anda. Dengan adanya permalink, sebuat URL pada posting blog atau website mudah di ingat bagi para pengunjungnya. Semakin pendek dan sangat rapi dalam pembuatan permalink pada suatu website atau blog, maka website atau blog tersebut juga mudah dapat terindex di mesin pencarian pada google, ya bisa dibilang semakin mudah dan pendek permalink pada website atau blog maka makin SEO juga nantinya dimesin pencarian tersebut.

Sebelum membuat permalink menggunakan script php, ada alangkah baiknya Anda mengenal tentang permalink itu apa sih sebenarnya, yuk mari kita cari tau apa itu permalink sebenarnya.


Apa Itu Permalink?

Permalink merupakan suatu pengalamatan laman pada suatu website, dimana pengalamatan itu didesain lebih ringkas dan mudah diingat. Sehingga pengunjung dapat mudah untuk masuk ke laman tersebut.


Fungsi Permalink

Yaps, pasti Anda sudah mengetahui sendiri fungsi permalink itu apa, jika Anda membaca definisi dari apa itu permalink. Nah fungsi dari permalink yaitu mempermudah pengunjung untuk masuk laman pada suatu website, selain itu fungsi permalink juga dapat mengetahui tentang tanggal, nama atau kategori yang dibuat. Dan ada satu fungsi penting dalam permalink ini yaitu penerapan SEO untuk pada suatu website. Jadi makin mudah permalinknya dan makin pendek, maka bisa makin SEO website tersebut, dan mudah untuk terindex dalam mesin pencarian seperti Google.


Cara Membuat Permalink Dengan Mudah Menggunakan Script PHP (contoh permalink)


Gimana Permalink Itu?

Nah, jika kalian sudah tau permalink itu apa, lalu sudah tau fungsi permalink itu apa. Jika Anda semua sudah membaca pada bagian atas ini, pasti Anda sudah membayangkan seperti apa itu permalink yaps. Nah permalink itu sendiri bisa dicontoh kan seperti ini https://www.dailyblog.id/ini-artikel-pertama/ Nah, maka yang di bold itu yang dinamakan oleh permalink "ini-artikel-pertama" . Gimana, apakah Anda sudah mulai memahami mengenai permalink? Jika sudah memahami, mari kita membuat permalink menggunakan script php, Anda dapat langsung copas script dibawah ini untuk membuat permalinknya.

<?php

function permalink($text)
{
    $text = preg_replace('~[^\pL\d]+~u', '-', $text);
    $text = iconv('utf-8', 'us-ascii//TRANSLIT', $text);
    $text = preg_replace('~[^-\w]+~', '', $text);
    $text = trim($text, '-');
    $text = preg_replace('~-+~', '-', $text);
    $text = strtolower($text);
 
    if (empty($text))
        return substr(str_shuffle('abcdefGHIjklMnOpQRStUVWxYz'), 0, 20);        

    return $text;
}

echo 'Buat permalink ke 1: '.permalink('Andreas Pandu Pamungkas').'<br/><br/>';
echo 'Menggunakan Karakter: '.permalink('Aku Suka Sama Kamu! ++');

// Hasil output yang pertama "andreas-pandu-pamungkas"
// Hasil output yang kedua "aku-suka-sama-kamu"
// Dan jika, tidak ada hasil atau kosong teksnya. Maka permalink yang dihasilkan akan random atau acak.

?>


Beberapa Contoh Struktur Permalink Yang SEO

  • /judul-posting/
  • /tahun/bulan/judul-posting -> ( /2020/01/judul-posting
  • /nama-kategori/judul-posting -> ( /games/judul-posting ) atau juga bisa custom.

Nah, gimana kan buat permalinknya? tidak susah kan.yups tidak susah. hehe. Saran saja sih, jangan copas scriptnya kalau mau belajar benar". Script php itu dibuat fungsi, agar mempermudah penggunaanya. Dan meggunakan teknik replace saja sebenarnya (menggunakan regex). Mudah bukan? yups, Anda dapat menggunakan script tersebut untuk membuat permalink pada blog atau website Ada. khususnya permalink untuk artikel blog atau website Anda. hehehe. Dan mungkin sampai disini saja tutorial dari saya. Semoga artikel tutorial yang saya berikan ini bermanfaat bagi Anda semua yang membaca dan mencobanya. hehe.

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post