Cara Membuat Format Tanggal Bahasa Indonesia Dengan Script PHP

Cara Membuat Format Tanggal Bahasa Indonesia Dengan Script PHP

DailyBlog.id - Hai semua, pada kesempatan kali ini saya membagikan tutorial yaitu membuat format tanggal Bahasa Indonesia dengan Script PHP. Dimana ini sangat membantu sekali untuk mempermudah membuat tanggal dengan Bahasa Indonesia. Disini saya akan memberikan tutorialnya dengan membuat fungsi di script php, dengan fungsi tersebut dapat mempermudah digunakan dimana saja. Tinggal memanggil fungsi tersebut untuk menampilkan format tanggal Bahasa Indonesia, tanpa harus menulis baris yang cukup banyak. Dan juga menerapkan array untuk membuat daftar nama hari dan nama bulannya.

Anda dapat menyalin, dan mencoba langsung script dibawah ini. Dengan membuat file dengan nama tanggal_indo.php lalu paste script php yang ada dibawah ini:

<?php

function tanggalIndo($waktu)
{
    $strt       = strtotime($waktu);
    $hariarr    = array('Minggu', 'Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jum\'at', 'Sabtu');
    $bulanarr   = array('Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember');

    $hari       = $hariarr[date('w', $strt)];
    $bulan      = $bulanarr[date('n', $strt)-1];
    $tanggal    = date('j', $strt);
    $tahun      = date('Y', $strt);
    $waktu      = date('H:i', $strt);

    return "$hari, $tanggal $bulan $tahun $waktu";
}

echo 'Hasilnya akan seperti ini: <b>'.tanggalIndo('2021-02-02').'</b>';

?>


Untuk memanggil tanggal Bahasa Indonesianya, cukup seperti ini tanggalIndo('yyyy-mm-dd'). Seperti contoh yang sudah terpasang discript atas ini. Pastikan tanggal sudah benar. Seperti tanggalIndo('2021-02-02'). Anda juga dapat menambahkan waktu. Agar waktu tidak 00:00 . Jadi dapat diisi seperti tanggalIndo('2021-02-02 12:00'). Maka hasilnya akan seperti ini: Selasa, 2 Februari 2021 12:00.

Nah, lalu buka url Anda (seperti http://localhost/tanggal_indo.php). untuk mencoba dan mengeksekusi scriptnya. Maka jika sudah terbuka halamannya, hasil yang ditampilkan akan seperti ini:


Cara Membuat Format Tanggal Bahasa Indonesia Dengan Script PHP (contoh hasil)


Jika sudah berhasil, berarti mantap!. Dan jika Anda mempunyai projek yang ingin menggunakan format tanggal Bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan fungsi tersebut untuk menampilkan format tanggal Bahasa Indonesia. Ingat! tidak perlu mengetik banyak" lagi scriptnya. tinggal copy dan panggil fungsi tersebut untuk mempermudah Anda dalam membuat dan menampilkan format tanggal Bahasa Indonesia.

Oke, mungkin cukup sekian tutorial saya mengenai Cara Membuat Format Tanggal Bahasa Indonesia Dengan Script PHP. Semoga bagi yang mencoba dan membaca artikel ini, dapat bermanfaat dan berguna dikedepannya. Dan seperti biasanya, saya ucapkan sekian dan terima kasih.

Previous Post Next Post