Cara Konfigurasi Dan Instalasi SNMP & MRTG Di Debian 8

Cara Konfigurasi Dan Instalasi SNMP & MRTG Di Debian 8

DailyBlog.id - Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yaitu mengenai bagaimana cara konfigurasi dan instalasi SNMP & MRTG di Debian 8. Sebelum kita melakukan konfigurasi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu SNMP dan apa itu MRTG.. Oke! mari kita cari tahu mengenai SNMP & MRTG itu apa?

Apa Itu SNMP?

SNMP (Simple Network Management Protocol) merupakan protokol yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen jaringan. Melalui protokol ini, kita akan mendapat informasi tentang status dari suatu jaringan. Protokol ini menggunakan transpor UDP pada port 161. Perangkat yang memiliki SNMP agent antara lain: CISCO router, Linux Server. Sedangkan untuk pencatatan datanya dapat digunakan aplikasi MRTG.

Apa Itu MRTG?

MRTG (Multi Router Traffic Grapher) merupakan aplikasi yang digunakan untuk memantau beban trafik pada link jaringan. MRTG akan membuat halaman HTML yang berisi gambar GIF yang mengambarkan trafik melalui jaringan secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan. MRTG tersedia untuk sistem operasi UNIX dan Windows NT.

Nah, jika kalian semua sudah pada tau mengenai SNMP & MRTG dan sudah bisa membedakan dari keduanya itu. Maka, kalian sudah siap untuk mengkonfigurasi SNMP dan MRTG. Oke langsung saja ini tutorial cara konfigurasinya.

1. Langkah pertama pastikan kalian sudah menjadi user root atau mengkonfigurasi menggunakan user sudo, setelah itu kalian dapat menginstall terlebih dahulu, yaitu apache2. Dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

apt install apache2


2. Jika sudah melakukan instalasi apache2, maka tahap selanjutnya yaitu mengkonfigurasi SNMP nya

Konfigurasi SNMP

3. Untuk mengkonfigurasi SNMP, langkah awalnya yaitu kalian harus menginstall terlebih dahulu snmp dan snmpdnya. dengan cara

apt install snmp snmpd


4. Jika sudah menginstall snmp dan snmpdnya, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan edit file konfigurasi snmpnya, dengan cara:

nano /etc/snmp/snmpd.conf


Lalu lakukan perubahan pada bagian:

syslocation “Nama jaringan”
syscontact “Kontak kalian”


Kalian bisa mengubahnya menjadi seperti ini

syslocation Andreas Jaringan
syscontact Me <[email protected]>


Lalu ubah pada bagian "rocommunity", hilangkan tanda pagar # nya

#rocommunity public localhost


Menjadi:

rocommunity public localhost


Jika sudah, maka kalian dapat melakukan penyimpanan file konfigurasinya dengan cara CTRL + X -> Y -> Enter.

5. Jika sudah mengedit file konfigurasinya, tahap selanjutnya yaitu kalian harus merestart dan mencoba snmpnya berhasil atau tidak. Dapat dilakukan dengan cara

/etc/init.d/snmpd restart
snmpwalk -v 2c -c public localhost


Dan, jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini:


Cara Konfigurasi Dan Instalasi SNMP & MRTG Di Debian 8 (Gambar 1)


6. Untuk tahap konfigurasi SNMP sudah selesai, tahap selanjutnya yaitu mengkonfigurasi MRTG.

Konfigurasi MRTG

7. Sebelum langkah mengkonfigurasi MRTG, langkah awalnya kalian harus membuat folder mrtg di /var/www/ dan /var/www/html/mrtg . Selanjutnya melakukan instalasi MRTG nya. Nah, untuk langkahnya bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

mkdir /var/www/mrtg
mkdir /var/www/html/mrtg
apt install mrtg


Jika sudah membuat folder mrtg, dan instalasi mrtgnya. langkah selanjutnya kalian dapat mengikuti langkah berikut ini:

cfgmaker [email protected] > /etc/mrtg.cfg
cfgmaker –global "WorkDir:/var/www/html/mrtg" –output /etc/mrtg.cfg [email protected]
indexmaker --output=/var/www/html/mrtg/index.html  /etc/mrtg.cfg
indexmaker /etc/mrtg.cfg –columns=1 –output /var/www/html/mrtg/index.html
env LANG=C /usr/bin/mrtg


Untuk konfigurasi MRTG sudah selesai, maka hasilnya akan seperti dibawah ini: (Kalian dapat melihatnya di url http://localhost/mrtg/ - sesuai dengan alamat url yang digunakan)


Cara Konfigurasi Dan Instalasi SNMP & MRTG Di Debian 8 (Gambar 2)


Untuk melihat secara lengkap dan detail, kalian dapat membuka halaman dengan alamat http://localhost/mrtg/localhost_2.html - sesuai dengan alamat url yang digunakan.



Cara Konfigurasi Dan Instalasi SNMP & MRTG Di Debian 8 (Gambar 3)


Gimana? mudah kan untuk konfigurasinya. Dan mungkin sampai disini saja artikel tutorial yang saya berikan. Semoga yang membaca dan mencobanya dapat bermanfaat buat dirinya. Dan seperti biasanya, saya ucapkan sekian dan terima kasih.

Selamat Mencoba!

Previous Post Next Post